Atasi rambut rusak karena pewarnaan

MEWARNAI rambut boleh saja. Asal, rambut harus tetap dirawat agar tak rusak dan kehilangan kemilaunya.
Mewarnai rambut adalah salah satu cara untuk memperindah rambut. Masalahnya, rambut yang sering diwarnai lama-kelamaan menjadi kusam tak bercahaya, memicu ketombe, merusak ikatan protein pada rambut dan membuat struktur rambut menjadi lemah.

Bila rambut sudah rusak karena pewarnaan, perlu ada perawatan khusus. Salah satunya adalah dengan procare, perawatan khusus untuk rambut rusak akibat diwarnai. “Procare adalah perawatan terbaru untuk mengatasi masalah-masalah pada rambut,” kata Rudy Hadisuwarno. Procare diperlukan untuk mengambalikan kemilau rambut. Berikut tahap merawat rambut yang rusak karena pewarnaan:

Diagnosa

Dengan mendiagnosa rambut, akan terlihat jelas permasalahan-permasalahan rambut mulai dari rambut kering, berminyak, berketombe, dan rusak karena pewarnaan. Setelah itu diberikan sampo yang disesuaikan dengan jenis rambut dan kulit kepala.

Nutritif Masque

Setelah rambut dibersihkan, rambut diberi masker nutritif. Masker ini terdiri dari dua macam. Yaitu masker ginseng untuk rambut rontok dan masker bunga matahari untuk rambut kering atau rusak dan rapuh akibat proses kimiawi seperti pewarnaan, rebonding dan pengeritingan. Masker diberikan secara merata mulai dari ujung bawah hingga ujung atas rambut. Pemberian masker dimulai dari ujung bawah rambut hingga atas rambut. Setelah itu, dilakukan massage pada kulit kepala. Untuk rambut rontok, massage yang dilakukan tidak terlalu banyak.

Back Massage

Oleskan massage oil yang dihangatkan di tungku dan mengandung aroma relaksasi pada punggung. Massage punggung selama kurang lebih 15 menit untuk meregangkan otot-otot yang letih, sambil menunggu proses penyerapan vitamin dari masker nitritif ke dalam batang rambut.

Terapi Ozon

Alat terapi ozon terdiri dari cape rambut yang ditempelkan selang panjang dan terhubung dengan tabung yang berisi oksigen. Tabung ini mengubah oksigen menjadi ozon dan disalurkan ke dalam cape rambut melalui selang. Tetapi ozon berfungsi mencegah efek buruk dari radikal bebas dan polusi udara serta mengembalikan elastisitas rambut. Terapi ini dilakukan selama kurang lebih 10 menit.

Bilas rambut

Setelah menggunakan masker nutritif dan terapi ozon, rambut dibilas dengan air dingin agar nutrisi dan vitamin yang ada di kulit kepala dan batang rambut dapat terserap.

Hair tonic

Setelah dibilas, rambut diberi hair tonic. Hair tonic itu mesti sesuai dengan jenis rambut. Hair tonic ginseng untuk rambut rontok, hair tonic tea tree oil untuk rambut berketombe, dan hair growth serum untuk rambut yang mengalami kerontokan sangat parah.

Hair Frequency Machine

Setelah hair tonic, gunakan mesin high frequency untuk memaksimalkan penyerapan pada kulit kepala, menghilangkan kuman di rambut, meningkatkan aktivitas kelenjar pada rambut, melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan metabolisme pada kulit kepala. Alat ini seperti sisir kaca yang dialiri sinar infra merah. (aengaeng.com;
Sumber: masenchispz.com dari Genie dan http://lifestyle.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/11/24/29/167127/mengatasi-rambut-rusak-karena-pewarnaan)

1 Comment

Comments are closed.