Khasiat lain buah sirsak

Sirsak, siapa yang tak kenal buah ini. Kadang disebut juga nangka sabrang, nangka londo, Nangka buris, dan di Bali, lebih dikenali sebagai srikaya Jawa. Daging buahnya yang putih sangat segar, karena manis dan asem berpadu. Dibuat jus dan diminum tengah hari, ampun! nikmat sekali.

Tapi, selain lezat, buah ini juga kaya kandungan obat. Tercatat ambeien, kandung kemih, menceret, dan bisul dapat disembuhkan. Hebat, dapat lejatnya, dapat obatnya.


Khasiat dan manfaat untuk pengobatan:

Ambeien. Buah sirsak yang sudah masak. Peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Sakit Kandung Air Seni. Buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dimasak dibuat kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.

Bayi Mencret. Buah-sirsak yang sudah masak. Buah sirsak diperas dan disaring untuk diambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.

Anyang-anyangen. Sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas, disaring dan diminum.

Sakit Pinggang. 20 lembar daun sirsak, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal3 gelas, diminum 1 kali sehari 3/4 gelas.

Bisul. Daun sirsak yang masih muda secukupnya, ditumbuk halus dan ditambah 1/2 sendok air, diaduk sampai merata, ditempelkan pada bagian bisul.

(Sumber: http://sehat.suaramerdeka.com/index.php?id=24)

sirsak 2