Lindungi wajah dari bahaya kosmetik

Lindungi Wajah dari Bahaya Kosmetik – Kosmetik digunakan untuk mempercantik penampilan Anda. Namun apa jadinya bila kosmetik yang diaplikasikan malah justru merusak kecantikan dan penampilan Anda? Ini bisa saja terjadi jika Anda mengabaikan beberapa hal.

10 Tip berikut mungkin bisa Anda jadikan panduan untuk menghindari bahaya penggunaan kosmetik.


 

  1. Jangan pernah berbagi alat kosmetik dengan orang lain. Selalu gunakan spon baru ketika mencoba produk kecantikan di toko atau counter kosmetik. Mintalah kepada sang SPG untuk membersihkan alat-alat kosmetik tersebut dengan alkohol sebelum mengaplikasikannya pada kulit wajah Anda.
  2. Pastikan wadah atau tempat kosmetik Anda tertutup rapat ketika tidak digunakan.
  3. Jauhkan kosmetik Anda dari paparan sinar matahari langsung. Cahaya dan hawa panas dapat membunuh bahan pengawet kosmetik yang berfungsi untuk melawan bakteri. Hindari pula menyimpan peralatan kosmetik Anda dalam mobil untuk jangka waktu panjang.
  4. Hindari mengaplikasikan kosmetik jika mata Anda sedang mengalami iritasi, seperti penyakit mata menular. Segera jauhkan alat kosmetik apapun yang Anda gunakan jika Anda mengalami masalah tersebut.
  5. Jangan pernah menambahkan cairan apapun pada produk kosmetik Anda kecuali jika diperkenankan oleh label yang tertera pada produk kosmetik.
  6. Segera buang kosmetik Anda jika sudah mengalami perubahan warna atau mulai tercium bau tak sedap.
  7. Jangan pernah menggunakan aerosol spray saat Anda sedang merokok atau berdekatan dengan panas, karena dapat memicu kebakaran.
  8. Jangan menghirup terlalu dalam hairsprays atau bedak tabur Anda, karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada paru-paru.
  9. Hindari zat pewarna tambahan yang tidak diperbolehkan digunakan pada area mata, seperti cat bulu mata “permanen” dan kohl (zat pewarna tambahan yang masih dipakai untuk kosmetik mata di negara-negara lain). Pastikan pula Anda menjauhkan kohl dari jangkauan anak-anak, karena dapat menyebabkan keracunan timah.
  10. Yang tak kalah pentingnya adalah, jangan pernah menggunakan kosmetik saat berkendaraan. Jika Anda tidak berhati-hati saat merias pada area mata, maka bisa menyebabkan bola mata tergores dan menimbulkan cedera mata serius. Selain itu, tindakan ini tidak hanya membahayakan diri sendiri tetapi juga keselamatan orang lain bila Anda kurang memperhatikan jalan saat mengemudi kendaraan sendiri.

Dari conectique.com