Sate domba afrika, alternatif lain untuk berbuka puasa

Jika Anda bosan dengan menu berbuka puasa yang menurut Anda “itu-itu saja”, maka tak ada salahnya Anda mencoba menu lain yang memang lain daripada yang lain. Sate domba afrika. Ya itulah salah satu menu yang ditawarkan Hotel Lor In.

sate-domba-afrika-1Perpaduan “bumbu rahasia” dan daging domba pilihan membuat rasa dari sate menjadi unik dan lezat. Selain itu, menu sate domba afrika diklaim sebagai rendah kolesterol. Hanya saja untuk masalah yang ini, tentu perlu pembuktian lebih lanjut.
Terlepas dari itu semua, maka sesuai namanya, menu ini berasal dari Benua Afrika. Namun oleh para chef di Hotel Lor In, bumbu sate domba dimodifikasi agar sesuai dengan lidah Indonesia. Untuk daging yang digunakan adalah daging domba muda pilihan. Sementara bumbu yang digunakan adalah kombinasi bumbu orisinil dengan rempah-rempah lokal.
Cara memasaknya pun berbeda dari sate yang biasa kita nikmati. Daging domba tidak ditusuk melainkan dipotong pipih dan dipanggang di bara api. Setelah setengah matang, daging dimasukkan ke dalam panci dan diberi bumbu dan juga potongan bawang bombay. Kemudian daging dikocok sehingga bumbunya merata.
Berikutnya daging dipanggang lagi dan dilakukan pengocokan ulang sampai tiga kali.
Uniknya lagi, sate domba afrika tidak disajikan dengan nasi melainkan dengan potongan pisang goreng yang diberi saus mayonnaise. Sementara untuk sambalnya digunakan campuran cabe tumbuk mayonnaise dan kecap manis. Campuran unik ini membuat rasa sambal menjadi pedas dan sedikit asam.
Sebagai pelengkap, sate domba disajikan dengan sup domba yang tak kalah gurih dan lezat.
Salah seorang konsumen, Galuh Mega Perdana, ada cita rasa unik dalam sate domba ini. Selain dagingnya yang empuk, ada sensasi yang unik dalam sambalnya.
sate domba afrika 2

Asisten Entertainment and Lounge Manager Hotel Lor In, Mayreno Catur Widiastuti, resep sate domba ini berasal dari Afrika Selatan. Namun daging domba yang digunakan adalah daging lokal pilihan. Sementara untuk bumbu digunakan campuran rempah-rempah seperti lada, black pepper, dan lainnya.
Satu porsi sate domba afrika ini disajikan dengan tarif Rp. 35.000, dan pisang gorengnya Rp. 10.000. Menu pelengkap berupa sup domba bisa Anda dapatkan dengan Tp. 20.000.
Tidak ada salahnya jika Anda menjadikan sate domba afrika ini, sebagai menu pilihan untuk berbuka puasa. Lokasi Hotel Lor In berada di jalur mudik Jogja-Solo, atau tepatnya di Jalan Adisucipto Colomadu Karanganyar. (aengaeng.com/Bre)