Jagung perbaiki kemih, antihipertensi dan peluruh batu empedu

Biji jagung kaya akan karbohidrat. Sebagian besar berada pada endospermium. Kandungan karbohidrat dapat mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji. Karbohidrat dalam bentuk pati umumnya berupa campuran milosa dan amilopektin.

Pada jagung ketan, sebagian besar atau seluruh patinya merupakan amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berpengaruh pada kandungan gizi, tetapi lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan. Jagung manis tidak mampu memproduksi pati sehingga bijinya terasa lebih manis ketika masih muda.

Manfaat jagung sebagai obat tradisional:

a. Diuretik (pemacu perkemihan)

Siapkan 30-50 gram rambut jagung dan satu rimpang jahe ukuran sedang. Rebus bahan-bahan dengan air secukupnya. Setelah dingin, saring. Boleh ditambah madu.

b. Antihipertensi (mengobati darah tinggi)

Siapkan 30-50 gram rambut jagung dan satu rimpang jahe ukuran sedang. Rebus bahan-bahan dengan air secukupnya. Setelah dingin, saring. Boleh ditambah madu.

c. Peluruh batu empedu

Siapkan 30 gram rambut jagung, rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih, saring airnya lalu dinginkan. Saring kembali, dan setelah dingin dapat diminum. Minum ramuan ini sehari sekali.

d. Pereda panas dalam.

Siapkan 30-40 gram rambut jagung dan irisan daun pandan. Rambut jagung dan daun pandan direbus dengan air secukupnya. Setelah dingin, saring lalu diminum.

2 thoughts on “Jagung perbaiki kemih, antihipertensi dan peluruh batu empedu

  1. Selama ini saya emang sangat gemar makan jagung, apa lagi kalo jagung rebus… hhmmm… yummi… tapi gak pernag tau lho kalo ternyata rambut jagung kaya akan kandungan obatnya… THANKS YA INFONYA…

Comments are closed.