Perawatan Burung Saat Musim Hujan

Perawatan Burung Saat Musim Hujan, Seorang pecinta burung pastinya menganggap hari yang cerah sebagai hari yang sangat menyenangkan. Alasannya adalah di hari yang cerah mereka bisa melakukan penjemuran burung baik siang ataupun ketika sore hari.

Penjemuran yang dilakukan di hari yang cerah bisa memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan burung. Namun jika cuaca berubah menjadi buruk maka pastinya perawatan burung anda akan menjadi terganggu.

Cuaca memang bisa diprediksi, namun tetap saja prediksi itu bisa berubah sewaktu-waktu. Jika sewaktu-waktu cuaca berubah menjadi buruk maka secara tidak langsung penampilan dari burung anda bisa menjadi terganggu.

Maka dari itu waspadalah jika ada gejala perubahan cuaca yang kurang baik, terutama ketika memasuki musim hujan.

Burung akan menjadi lebih rentan sakit ketika memasuki musim hujan. Penyebabnya adalah pada musim hujan burung tidak akan mendapatkan masa penjemuran yang cukup sehingga kesehatannya bisa menjadi terganggu.

Cuaca yang kurang baik yang terjadi belakangan ini bisa memberikan efek yang tidak baik bagi burung anda. Waspadalah terhadap adanya kemungkinan munculnya penyakit yang terjadi pada musim hujan.

Selama musim hujan jangan menunggu matahari naik terlalu tinggi. Anda bisa menjemur semua burung anda jika sinar matahari sudah mulai terlihat.

Penjemuran ini sangat bermanfaat untuk mengatasi kuman-kuman yang berasal dari kotoran burung dan menghindari hawa lembab dalam sangkar yang bisa menyebabkan burung menjadi sakit.

Selama musim hujan anda bisa memberi pakan yang mengandung antibodi atau vitamin. Jika cuaca sudah agak cerah anda bisa memandikan burung anda.

Namun ada kemungkinan bahwa sinar matahari tidak bisa bertahan lama sehingga anda tidak bisa memandikan burung anda dengan lama.

Mandikan burung anda dengan secukupnya. Setelah itu berikan cairan desinfektan atau antiseptik pada sangkar burung anda.

Untuk menghindari adanya perubahan kondisi kesehatan burung maka anda harus memantau perkembangan dan selalu memperhatikan tingkah laku burung pada musim pancaroba.

Meskipun burung anda terlihat mau berkicau dan selalu tampil sehat, namun anda juga harus memantau perkembangan dan selalu memperhatikan perilaku burung anda terutama jika anda memiliki banyak peliharaan burung di rumah.

Jika anda memiliki banyak burung maka anda harus telaten dan memberikan perhatian ekstra satu persatu supaya bisa mengetahui sedini mungkin dan dapat diatasi atau diobati agar tidak terlambat parah sakitnya.

Ada beberapa gejala-gejala umum pada burung yang kurang sehat dan itu jelas kita lihat dengan mata telanjang, diantaranya salah satunya ialah:

  • Jika sebelumnya rajin berkicau maka burung berubah menjadi malas berkicau. Kalaupun berkicau hanya sesekali saja.
  • Mata kelihatan mengantuk dan lesu serta kelihatan kurang gerak/tidak bergairah.
  • Bulu terlihat merinding atau menggembul dan selalu ada dipinggir tangkringan.
  • Bulu terlihat kusam atau tidak mengkilap.
  • Adanya penurunan nafsu makan .
  • Burung terlihat diam atau malas saat dimandikan ditempat pemandian.

Itu adalah beberapa hal yang perlu kita perhatikan walaupun kelihatannya memang biasa atau umum, tapi dibalik itu semua kita juga perlu memperhatikan prilaku burung tersebut dari biasanya.

Jika ada diantara burung-burung tersebut mengalami hal yang sama diatas bisa dikatakan burung tersebut sedang atau mengalami ada yang dirasa atau sakit, karena itu kita harus cepat melakukan pencegahannya dan memberinya pengobatan.

Burung yang terlihat sakit tersebut harus bisa dipisahkan atau dijauhkan dari burung lainnya yang sehat agar tidak tertular atau bisa juga jika kita mempunyai tempat khusus atau sangkar untuk di karantina.