Jenis Pakan Burung

Jenis Pakan Burung

Supaya kebutuhan gizi burung terpenuhi dengan baik maka burung harus mendapatkan pakan yang baik dan teratur dengan gizi yang seimbang. Pakan burung sendiri terdiri dari dua jenis yaitu pakan burung nabati dan pakan burung hewani.


Pemberian jenis pakan burung yang akan diberikan pada burung peliharaan harus disesuaikan dengan jenis burung peliharaan anda.

Jenis pakan hewani

Contoh dari jenis pakan burung hewani adalah serangga, cacing, ulat, kroto, daging, ikan, susu dan telur hewan unggas.

  • Kroto

Kroto merupakan semut rangrang atau larva semut yang sangat disukai oleh burung pemakan serangga, seperti burung kutilang, burung jalak, burung poksai dan burung beo.

  • Ulat dan serangga

Selain memakan buah-buahan, sebagian besar burung berkicau juga banyak yang mengkonsumsi serangga.

Anda bisa menemukan jenis pakan ini di pasaran biasanya berupa jangkrik. Sedangkan untuk pakan ulat biasanya yang dijual adalah ulat bambu, ulat hongkong dan ulat kandang.

  • Ikan

Makanan utama dari jenis burung piscivora (burung pemakan ikan) adalah ikan. Contoh dari jenis burung ini adalah blekok, elang laut, kuntul, raja udang dan bangau.

Jenis ikan yang biasa diberikan pada jenis burung ini adalah ikan tawes, wader, jelawat, lokas, atau ikan mujair dalam kondisi hidup.

  • Daging

Makanan utama dari jenis burung predator (pemangsa) ataupun burung karnivora (pemakan daging) adalah daging. Jenis burung ini biasanya memakan daging yang berasal dari berbagai jenis hewan seperti itik, ayam, kelinci, tikus putih dan sapi.

Sedangkan jenis burung yang memangsa daging  adalah elang, burung hantu, elang, kasuari, rangkong serta gagak.

Pemberian pakan daging pada burung hantu atau elang bisa diberikan dalam bentuk hidup seperti tikus putih ataupun anak ayam. Selain itu juga bisa diberikan dalam bentuk potongan daging yang sudah diiris-iris kecil.

  • Susu

Jenis pakan burung berupa susu biasanya diberikan pada burung yang masih anak-anak yang berasal dari keluarga merpati ataupun jenis burung yang berparuh bengkok seperti kakatua dan nuri.

Akan tetapi walaupun anak burung sudah tumbuh menjadi burung yang dewasa, adakalanya burung-burung tersebut masih menyukai susu.

Semua jenis burung bisa diberikan berbagai jenis susu, akan tetapi untuk mnedapatkan hasil yang terbaik sebaiknya diberikan susu yang memiliki kadar lemak rendah.

Semua jenis susu dapat diberikan kepada burung, tetapi yang terbaik adalah susu yang berkadar lemak rendah.

  • Telur unggas atau telur ayam

Untuk burung yang masih anak-anak bisa diberikan pakan berupa telur unggas yang sudah direbus.

  • Cacing

Berbagai jenis burung bisa mengkonsumsi pakan yang mengandung protein yang sangat tinggi ini, yaitu cacing.

 

Jenis pakan nabati

Contoh dari jenis pakan burung nabati adalah buah-buahan seperti pisang, pepaya, apel, dan sebagainya taoge, bayam, wortel, tomat, jagung muda, dan sebagainya.

Dan yang terakhir adalah biji-bijian seperti biji kenari, biji selada, biji nigger, biji kubis, dan sebagainya.

  • Sayuran

Jenis burung seperti kuau, puyuh dan merak bisa diberikan pakan berupa sayuran biasa. Selain itu burung parkit, kakatua, kenari dan bebek juga menyukai pakan ini.

Jenis sayuran yang bisa diberikan pada burung adalah kangkung, taoge, serta wortel untuk burung kakatua.

  • Buah-buahan

Sebagian besar dari berbagai jenis burung sangat menyukai buah-buahan yang bisa diberikan sebagai pakan utama ataupun pakan tambahan.

Jenis buah yang sangat digemari burung antara lain pisang kepok, pepaya, ceri, buni, beringin, salam, serta palem.

  • Biji-bijian

Biji-bijian juga bisa diberikan pada burung misalnya biji-bijian kasar seperti milet,kenari biji,  jewawut, pellet dan beras ketan hitam. Atau bisa juga biji-bijian yang kasar seperti beras merah, jagung kering dan kacang hijau.

Jenis biji-bijian tersebut sangat disukai oleh jenis burung perkutut, burung lovebird dan  kakatua kelabu australia.

 

Bila anda suka dengan artikel atau website kami harap luangkan waktu untuk like page kami. Like yang anda berikan sangat berarti bagi perkembangan situs kami. Terima kasih.