Membuat Tangkringan Burung

Membuat Tangkringan Burung

Idealnya tenggeran burung atau tangkringan terbuat dari kayu keras yang memiliki permukaan yang kasar tapi tidak tajam.

Contoh kayu yang ideal untuk tangkringan burung adalah kayu asam. Kayu jambu biji tidak cocok jika dijadikan tangkriangan burung karena memiliki permukaan yang halus.

Untuk ukuran diameter ideal anda bisa melihat kaki burung yang bisa mencengkeram sekitar 2/3 bagian dari lingkar tenggeran. Anda bisa menggunakan satu, dua atau tiga tenggeran.

Sedangkan tangkringan untuk burung branjangan anda bisa menggunakan sangkar bulat dengan panjang 75-100 cm yang memiliki ukuran diameter 35-30 cm dengan tangkringan khusus yang terbuat dari batu apung.

 

Tips membuat tenggeran atau tangkringan burung :

Mengenai ukuran pasti dari ukuran tenggeran tidak ada yang pasti karena diameter dari tenggeran atau tangkringan itu hanyalah masalah kebiasaan.

Pada saat pertama kali melakukan pengukuran untuk menyangkarkan anda bisa memberi beberapa tangkringan sementara, bisa dengan 4-5 tangkringan dengan diameter yang berbeda.

Untuk tangkringan  pertama, berdiameter setengah dari panjang ujung jari depan terpanjang hingga ujung jari belakang.

Untuk tangkringan kedua, berdiameter 2 mm lebih lebar daripada tangkringan pertama dan begitu seterusnya hingga tangkringan kelima.

 

Tips tambahan :

1. Sebaiknya hindari untuk menaruh air dan pakan di dekat salah satu tangkringan, sebaiknya letakkan mepet dasar sangkar.

2. Luangkan waktu 2-3 jam  sambil beraktivitas, perhatikan tangkringan mana yang paling sering dihinggapi burung. Dan kira-kira itulah diameter tangkringan yang ideal untuk burung anda.