Membersihkan Sangkar Burung

Membersihkan Sangkar Burung

Sangkar burung yang jarang dibersihkan bisa menjadi sumber penyakit yang bisa membahayakan kesehatan burung kesayangan anda.

Datangnya penyakit bisa disebabkan oleh kotoran burung yang bisa menarik serangga untuk datang masuk ke sangkar.

Maka dari itu anda bisa meminimalisasi penyebaran penyakit dan kuman dengan cara membersihkan sangkar burung dengan rutin.

Salah satu langkah terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan membersihkan kandang burung dengan jadwal yang teratur serta disiplin untuk membersihkannya.

 

Berikut ini adalah tips untuk membersihkan sangkar burung :

1. Anda bisa menaruh karpet atau koran di alas sangkar. Biasanya sangkar burung memiliki slot kosong di bawahnya. Usahakan untuk menaruh koran dengan ukuran yang pas dengan ukuran slot.

Ukuran koran yang pas dengan slot akan membuat kotoran burung bisa jatuh ke koran. Selain itu anda juga bisa menggunakan liners khusus yang bisa anda beli dari toko hewan peliharaan.

2. Bersihkan lapisan karpet atau koran setiap hari, terutama jika burung anda sering menghasilkan kotoran yang terlalu banyak.

Jika anda mengalami hal yang seperti itu maka anda harus mengganti lapisan koran dengan yang baru yang bisa anda lakukan pada pagi hari ataupun pada malam hari sebelum anda tidur.

3. Anda bisa membuat 2 karpet atau lapisan dasar sangkar untuk satu sangkar burung.  Jadi  anda bisa mengganti pakan dan minum dengan bersamaan di pagi hari sekaligus dengan mengganti lapisan yang kotor dengan karpet yang kering dan bersih untuk tiap sangkar burung.

4. Anda bisa menumpuk karpet yang kotor dalam suatu wadah yang tertutup lalu anda bisa membersihkan dan mengeringkannya pada saat anda memiliki waktu luang di sore atau malam hari.

Pada keesokan harinya atau pagi hari, karpet yang bersih dan kering tersebut sudah siap pakai.

5. sebaiknya pilih sangkar yang cukup mudah untuk dibersihkan misalnya sangkar burung dengan lapisan bubuk pada permukaannya sehingga anda bisa membersihkannya dengan mudah dan hanya perlu menyekanya dengan menggunakan kain yang lembab.

6. Usahakan untuk menyemprot sangkar burung sekaligus memandikan burung sehingga kotoran yang menempel pada sangkar bisa dihilangkan dengan lebih mudah.

7. anda bisa membersihkan lantai sangkar dengan menggunakan sapu atau vakum setidaknya satu minggu sekali. Vakum lantai sangkar menggunakan pembersih dan vakum kecil genggam.

Yang tidak kalah penting adalah anda juga harus memperhatikan kebersihan dari wadah pakan serta wadah minum burung.

Berikut ini adalah tips mengenai wadah pakan dan minum burung :

1. Anda bisa membeli wadah pakan dan minum yang sama dengan yang anda gunakan untuk memberi pakan dan minum untuk semua burung anda selama ini.

2. Anda bisa menyiapkan wadah pakan dan pakan yang baru lalu wadah minum dan air minum yang baru pada sore hari atau malam hari.

Deretkan atau jejerkan di meja atau tempat mana saja yang bebas dari kotoran dan aman dari gangguan serangga, tikus ataupun hewan lain.

3. Begitu anda menurunkan burung dari gantangan di dalam rumah di pagi hari anda bisa segera mengambil satu wadah pakan dan wadah minum yang sebelumnya sudah siapkan yang sesuai dengan jenis burungnya untuk mengganti pakan dan air minum yang ada di dalam sangkar.

Jika perlu anda juga bisa mengganti buah, lalu siapkan juga sebelumnya dan diganti sekaligus pada saat itu juga.

4. Setelah itu, gantang burung atau jemur dengan wadah pakan dan isinya serta wadah minum dan air minumnya yang sudah bersih itu.

5. Lakukan hal sama untuk semua burung. Dan tumpuklan wadah pakan dan wadah minum kotor di ember atau di wadah apa saja.

Tutup agar tidak dirubung lalat atau bikin bau, dan ketika anda pulang di sore atau malam hari, segera cuci semuanya, dikeringkan dan persiapkan hal sama mulai dari poin no dua.