Menjaga Kemurnian Suara Cucakrawa

Menjaga Kemurnian Suara Cucakrawa

cucak rawaJika anda memiliki burung peliharaan cucak rawa maka anda harus memberikan perawatan yang baik, terutama jika anda sering mengikuti even lomba burung.

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam perawatan burung cucak rawa adalah dengan menjaga kemurnian suara aslinya.

Sebagian besar dari pecinta cucak rawa biasanya mempunyai keinginan yang sama yaitu suara kicauan dari cucak rawa peliharaannya tidak terpengaruh dari suara yang lain.

Para penggemar cucak rawa beranggapan bahwa cucak rawa yang memiliki cita rasa yang baik adalah cucak rawa yang kemurnian suaranya terjaga dengan baik atau suara kicauannya masih orisinil.

Suara cucak rawa yang kurang berkualitas biasanya lebih dipengaruhi oleh perlakuan serta perawatan yang kurang baik dari pemiliknya.

Meskipun hal ini masih belum bisa dipastikan dan tidak sepenuhnya berhasil namun cucak rawa yang memiliki kualitas suara yang kurang baik masih bisa diperbaiki.

Untuk jenis burung berkicau yang lain, dengan menyadur atau hasil master dari burung-burung lain biasanya menjadi andalan dari pemilik burung.

Bahkan ada kalanya para pemilik burung menaikkan kualitas suara dari burung peliharaannya dengan menggunakan suara yang tajam untuk lomba dengan harapan supaya bisa mengungguli burung kontestan yang ikut lomba.

Misalnya burung murai batu yang memiliki variasi suara sebanyak 10 jenis, itupun masih bisa menjadi lebih dahsyat jika dimaster ulang dengan suara burung lain.

Namun hal ini tidak bisa disamakan dengan cucak rawa karena pada dasarnya cucak rawa memiliki suara kicauan yang murni dan baik.

Scucakrawa medan

uara kicauan cucak rawa yang baik malah memiliki suara vokal yang terdengar seperti berkumur-kumur (kurang jelas) dan kurang memiliki variasi.

Jika anda perhatikan dengan baik, suara dari cucak rawa bisa disebut sebagai suatu kosakata. Suara cucak rawa memiliki kisaran 5 variasi suara saja dan hanya terdiri dari suara tlang… tang… tling… tlung… tung.

Suara cucak rawa yang sudah terkontaminasi dengan kicauan suara burung lain atau dari sumber suara lain bisa membuat calon pembeli yang sudah berpengalaman dengan cucak rawa akan melihat bahwa nilai jual atau kharisma cucak rawa yang seperti ini sudah jatuh atau kurang bernilai.

Untuk mengantisipasi hal ini anda bisa menjauhkan cucak rawa peliharaan anda dari sumber suara yang kurang baik.

Meskipun tidak secerdas dengan jenis burung berkicau yang lain namun cucak rawa masih bisa dianggap sebagai burung yang pandai.

Jika cucak rawa peliharaan anda sering mendengar suara tertentu maka cucak rawa tersbut akan menyuarakan ulang sesuai dengan suara aslinya dengan baik.

Sumber suara yang harus dihindari oleh cucak rawa adalah burung yang memiliki karakter suara yang berat dengan volume yang besar namun disuarakan dengan lembut dan mengalun seperti murai batu, poksai, perkutut, ataupun sumber suara lain seperti suara klakson mobil, balon meletus dan terompet.

Seringkali kita menganggap bahwa pemeliharaan cucak rawa terlihat sangat mudah karena anda tidak perlu melakukan pemasteran namun sayangnya pada kenyataannya pemeliharaan tidak semudah itu karena anda juga harus membentuk suara cucak rawa supaya memiliki suara yang berkualitas.

Penyebab dari hal ini adalah karena syarat-syarat suara Cucak Rawa yang berkualitas harus tidak boleh terkontaminasi dengan suara yang lain.

Suara Cucak Rawa yang berkualitas adalah jika Cucak Rawa bisa melantunkan suaranya dengan baik lalu bisa mengulangi suara tersebut dengan tempo yang cepat atau tinggi dan terus berulang.

Selain itu cucak rawa juga bisa  menyuarakannya dengan keras, lantang dan lepas seperti hidup di alam aslinya.

Kesimpulan dari semua tulisan di atas adalah untuk memiliki Cucak Rawa yang berkualitas maka mempertahankan keaslian suara Cucak Rawa adalah suatu keharusan.

Keaslian suara cucak rawa ini bertujuan supaya anda sebagai para penggemar suara Cucak Rawa setiap kali mendengar suara cucak rawa anda seperti merasa ditengah-tengah hutan rimba karena gema suaranya.

Sedangkan suara kicauan Cucak Rawa yang bergulung-gulung bisa dianggap seperti deru suara aliran air yang deras.

Patut diakui bahwa dengan mendengarkan kicauan suara Cucak Rawa memang dapat memberikan kesejukan tersendiri di dalam hati para pendengarnya.

 

Bila anda suka dengan artikel atau website kami harap luangkan waktu untuk like page kami. Like yang anda berikan sangat berarti bagi kami. Terima kasih.