Seputar Makanan Burung

Seputar Makanan Burung

Apakah anda suka memberi makan burung sambil memandangi mereka?

Atau apakah anda seorang pemula yang sedang hobi memelihara burung?

Para pecinta burung memiliki anggapan bahwa jenis burung yang berbeda memiliki kebutuhan makanan yang berbeda yang bisa bervariasi tergantung dari musim, wilayah ataupun menurut jenis paruh yang dimiliki burung.

Walaupun sebagian besar dari burung makan biji-bijian, tanaman, cacing, lemak, buah, dagingdan kacang-kacangan, namun sebagianburung sangat selektif dan kemungkinannya akan sangat sulit untuk menyentuh semua jenis makanan yang anda sediakan.

Bila anda memiliki niat untuk memelihara burung maka anda harus terlebih dahulu mengetahuipakan apa yang tepat untuk burung anda.

Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai pakan burung yang semoga bisa membantu anda.

Makanan Burung

Mungkin selama ini anda sering bertanya-tanya pada diri sendiri mengenai makanan burung yang terbaik.

Sebagian besar burung suka makan buah-buahan, nektar bunga, biji, kacang,tunas pohon, getah pohon dan semak-semak, bahkan ada sebagian jenis burung yang memakan bangkai atau hewan yang sudah mati.

Bila anda tertarik untuk mencari tahu mengenai kebiasaan makan burung maka anda perlu untuk memahami lebih lanjut mengenai anatomi burung.

Mungkin sebelumnya anda telah melihat ada banyak burung yang menggigit bibit dimana burung memiliki paruh yang berbentuk kerucut sehingga memudahkan mereka untuk makan biji-bijian yang keras.

Burung seperti burung gereja, kutilang dan kardinal menggunakan paruhnya yang tebal untuk makan biji-bijian yang keras.

Sebagian mungkin juga bisa beradaptasi dengan lingkungan mereka. Ketersediaan makanan merupakan faktor yang utama dalam menentukan apa yang burung makan.

Sebagian besar jenis burung pemakan benih kemungkinan bisa memakan cacing bila persediaan benih sepanjang tahun tidak mencukupi kebutuhan makan mereka.

Burung harus makan lebih banyak selama musim dingin untuk menjaga diri kesehatan mereka sendiri serta untuk menjaga supaya kondisi badan mereka tetap hangat.

Mungkin saja anda akan bertanya-tanya makanan apa saja yang dimakan burung pada musim dingin terutama di eropa?

Berita baiknya adalah burung bisa beradaptasi dengan baik sehingga mereka bisa makan berbagai jenis makanan yang tersedia di musim dingin.

Bibit dan Biji-bijian

Cara yang biasa digunakan untuk memberikan makan burung adalah dengan memberikan makan yang terdiri dari bibit dan biji-bijian dimana kedua jenis makanan ini merupakan makanan burung yang paling mudah di pasar.

Bila anda memiliki burung seperti chickadees, kardinal dan beo, anda juga bisa memberikan berbagai jenis bibit seperti millet, jagung dan biji niger.

Bila anda sering memelihara juncos, burung gereja, anda bisa memberi makan yang terdiri dari jagung, bubur jagung, atau tongkol jagung.

Jika anda memelihara burung cockatiel, maka anda bisa menyimpan pelet menurut diet yang meliputi sayur-sayuran, buah-buahan dan biji-bijian.

Demikian juga bila anda memiliki hewan peliharaan kutilang dimana anda bisa memberi mereka makan yang terdiri dari biji-bijian, dan bahkan anda juga bisa memberikan sedikit beberapa masakan rumah.

Air gula

Sesekali anda bisa memberikan burung peliharaan anda air gula sebagai bagian utama dari diet mereka.

Ada sebagian jenis burung yang suka minum air gula, misalnya seperti burung hummingbirds. Selain itu masih banyak jenis burung-burung lain seperti kardinal, pelatuk, kutilang dan chickadees bisa anda berikan air gula.

Kacang-kacangan

Sebagian besar jenis burung banyak yang suka makan kacang-kacangan ataupun makanan yang dipanggang. Kacang-kacangan merupakan jenis makanan yang sangat populer untuk sebagian besar jenis burung.

Anda juga bisa memasukkan makanan yang dipanggang seperti kerupuk, remah-remah roti, rendam buah kering, pancake ataupun sisa sisa dapur lainnya.

Selain itu anda juga bisa memberikan irisan buah karena sebagian besar jenis burung banyak yang menikmati makanan yang terdiri dari berbagai jenis buah-buahan.

Lemak

Anda juga bisa memberikan lemak ikan atau ayam kepada burung dengan catatan tidak terlalu sering diberikan karena lemak juga berguna untuk menjaga kehangatan tubuh dan pembentukan daging.

 

 Bila anda suka dengan artikel atau website kami harap luangkan waktu untuk like page kami. Like yang anda berikan sangat berarti bagi perkembangan situs kami. Terima kasih.