Cinenen Pisang

Common Tailorbird

Cinenen pisang memiliki nama latin Orthotomus sutorius adalah salah satu jenis burung pengicau family Cisticolidae, dalam genus Orthotomus.

Nama lain burung ini dalam bahasa daerah adalah cinenen, prenjak, cici dan lain-lain.

Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Common Tailorbird, karena memiliki kebiasaannya menjahit daun-daunan untuk dijadikan sarang.

  • Ciri-ciri fisik

Burung Cinenen pisang memiliki ukuran tubuh yang kecil dan ramping sekitar 10 cm.

Bulu pada bagian dahi dan mahkota berwarna merah karat, pada bagian sisi kepala berwarna keputihan, dengan alis berwarna kekuningan. Tengkuknya berwarna kelabu. Pada bagian punggung, sayap dan ekornya berwarna hijau zaitun. Pada tubuh bagian bawah berwarna putih, dengan sisi tubuh abu-abu.

Burung Cinenen pisang baik yang jantan maupun yang betina berwarna serupa, kecuali pada musim kawin, di mana bulu tengah pada bagian ekor yang jantan tumbuh memanjang.

tailor bird

Iris mata kuning tua pucat; paruh sebelah atas kehitaman, sebelah bawah merah jambu pucat; kaknyai merah jambu. Bulu paha agak kemerahan.

  • Reproduksi

Sangat aktif bergerak lincah di antara ranting-ranting dan pepohonan yang berdaun rimbun. Sering terlihat bersama dengan pasangannya.

Cinenen pisang sering kali ditemukan di pekarangan, hutan sekunder dan perkebunan yang terbuka. Bersarang pada semak dan belukar dengan cara  menjahit tepian satu atau beberapa helai daun yang lebar dan letaknya berdekatan, dengan serat tumbuhan atau jaring laba-laba.

Sehingga sarangnya berbentuk semacam kantung, di mana pada bagian tengahnya dianyam sarang berbentuk bola dari rumput, serat tumbuhan dan ranting yang lembut. Sehingga burung ini dikenal sebagai tailorbird atau burung penjahit.

Dikatakan bahwa hanya burung betina yang menjahit  daun untuk dijadikan sarang. Sarang ini bertujuan agar telur dan anakan burung aman dari serangan predator.

sarang cinenen pisang

Cinenen pisang meletakkan sekitar 3 hingga 4 butir telur yang berwarna putih pucat dengan bintik merah jambu. Dengan masa inkubasi sekitar 12 hingga 14 hari.

  • Kebiasaan dan Penyebaran

Bersuara nyaring dengan aneka lagu seperti “te-cii te-cii te-cii…” yang diulang berkali-kali,  “cuik-cuik-cuik-cuik-cuik…”  dengan nada cepat tapi terkesan  monoton, bersuara  “cieciecieciecie..ciecie..cie..cie”  dengan cepat dan makin lama makin lambat.

Dengan suara panggilan “cink-cink-cink… ,” atau “ciew ! ..ciew !”, serta aneka suara lainnya. Suara peringatan bahayanya berbunyi ” cekcekcekcekcekcek-cek-cek-cek..” dengan keras .

Cinenen pisang menyebar mulai dari India, Cina, Hainan, Semenanjung Malaya, hingga Asia Tenggara terutama di pulau Jawa.

  • Makanan

Makanan utama burung Cinenen pisang adalah serangga kecil, kutu kayu,  ulat kupu-kupu dan juga laba-laba.