Cipoh Kacat

common iora - 08052012 - 1

Cipoh kacat memiliki nama Latin Aegithina tiphia adalah spesies burung dari keluarga Aegithinidae, dari genus Aegithina.

Dalam bahasa Inggis burung ini bernama Common Iora.

Cipoh kacat hidup di pepohonan  dalam jumlah kecil, Mencari makan pada cabang-cabang pohon. Terkadang mereka  bergabung dengan spesies lain saat mencari makan.

Suara panggilannya  campuran antara bunyi “cirr..cciirrr” seperti suara peluit dan “tee..tee” berulang-ulang.Terkadang mereka juga bisa meniru suara dari jenis burung lainnya.

  • Ciri-ciri fisik

Cipoh kacat memiliki ukuran tubuh kecil  sekitar 14 cm. Berwarna hijau kekuningan dengan dua garis putih mencolok di sayapnya. Tubuh bagian atas hijau zaitun. Sayap berwarna hitaman. Sisi bulu sayap berwarna putih. Lingkaran disekitar mata berwarna kuning. Pada bagian bawah tubuhnya berwarna kuning.

Ras masing-masing pulau bervariasi warna hijaunya. Iris putih keabu-abuan, paruh hitam kebiruan, kaki hitam kebiruan.

  • Reproduksi

Cipoh kacat membuat sarang dari bahan serat-serat tumbuhan yang halus, berbentuk seperti mangkuk dan rapi dan diletakkan diantara dahan pohon yang berdaun rimbun.

IMG-3014-sarang-burung1

Biasanya sarangnya terletak tidak terlalu jauh dari permukaan tanah. Telurnya  berwarna putih kehijauan dengan jumlah 2 butir. Berkembang  biak pada bulan Maret hngga Juni.

  • Makanan

Makanan utama burung Cipoh kacat adalah kumbang, semut, belalang, laba-laba, telur serangga, ulat, dan juga biji-bijian.

  • Habitat dan penyebaran

Burung Cipoh kacat memiliki hidup di hutan yang terbuka, hutan mangrove, hutan sekunder, atau perkebunan yang memiliki ketinggian hingga 1.000 meter diatas permukaan laut.

Burung Cipoh kacat tersebar dari India, Cina barat daya, Asia tenggara, Semenanjung Malaysia, hingga Indonesia meliputi Sunda Besar, pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan pulau Bali.