Kacer Mbagong

 

kacerjantan-4Banyak sekali para pengobi burung memelihara burung kacer. Meskipun kacer termasuk burung tipe fighter, tetapi burung ini mudah untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya sehingga mudah untuk di jinakkan.

Burung kacer juga memiliki suara kicau yang bagus sehingga burung jenis ini sering diikutkan dalam kontes. Tetapi sayang, terkadang performanya drop sehingga tidak sesuai dengan ke inginan kita.


Ada yang mengatakan bahwa sebenarnya semua burung kacer pasti pernah mbagong. Karena mbagong sebenarnya memang pembawaan dari alamnya.

Terkadang tiba-tiba diam dan tak jarang pula terjadi hal yang lebih buruk lagi yaitu kacer menjadi stress atau yang biasa disebut dengan  Nguda Laut alias Mbagong alias Mbedesi.

Mbagong adalah suatu kondisi dimana kacer tiba-tiba macet tau mau mengeluarkan bunyi sama sekali dan membentuk tubuhnya menjadi seperti bola atau membuka sayapnya lebar-lebar atau biasa disebut kuda laut.

kacer mbagong

Penyebab kacer Mbagong adalah:

  • Kacer masih belum terbiasa mengikuti lomba sehingga mentalnya kurang
  • Terlalu sering diberi kroto sehingga over birahi
  • Kacer terlalu sering dimandikan.
  • Kacer kehabisan tenaga karena dijemur terlalu lama.
  • Kacer bosan karena terlalu sering ikut lomba atau kontes.

Untuk menangani kacer yang mbagong memang agak sulit karena penanganan yang kita lakukan belum tentu dapat kita terapkan paca kacer yang lain. Perlu ada percobaan atau riset tentang perawatan, analisa dan juga pengamatan yang intensif.

Misalnya dengan cara pengurangan ekstra fooding, proses mandi dan penjemuran yang teratur. Dan bahkan sampai ada yang memandikan kacer malam hari hanya untuk mendinginkan atau mengurangi birahi burung  kacer.

Mbagong yang disebabkan karena mentalnya kurang saat kontes bisa diatasi dengan membiasakan burung kacer ikut lomba kecil-kecilan. Agar tidak mudah grogi sehingga terbiasa dengan kondisi saat lomba.

Burung kacer yang stres juga bisa ditangani dengan cara mendi pasir. Yaitu kacer dibiarkan bermain-main dan mandi dengan pasir seperti ayam dan burung dara. Karena pasir dapat menurunkan suhu tubuhnya yang meningkat, dan bila pasir ikut termakan, juga dapat membantu proses pencernaannya.

Untuk kacer yang akan mandi pasir ada triknya tersendiri agar mau mandi dengan pasir. Jangan memandikan kacer untuk beberapa hari. Kemudian isi bak dalam karamba tempat mandi burung dengan pasir halus yang kering dan hangat. Kemudian beri jangkrik atau ulat di pasir. Jangan beri ulat hongkong. Supaya kacer mau turun dan mandi pasir.

Kacer

Atau anda bisa mencoba beberapa cara lain seperti dibawah ini:

  • Mandikan kacer kemudian beri jangkrik 5 ekor saja, lalu dijemur kira-kira sampai jam 11 siang tanpa diberi makan dan minum. Cara ini dilakukan sekaligus untuk menambah ketebalan kicauannya.
  • Setelah dijemur, digantung di tempat yang teduh dan diangin-anginkan. Setelah agak lama berikan voer dan biarkan dia makan, jangan diberi air dulu. Cara ini dilakukan agar semua lendir ikut terbawa masuk saat dia makan.
  • Sekitar 15 menit kemudian baru diberi minum yang dicampur dengan madu sebanyak setengah dari wadah minumnya. Biarkan kacer minum sampai habis, baru diganti dengan air biasa.
  • Sore dimandikan lagi sebentar, lalu beri sekitar 3 ekor jangkrik kemudian tutup sangkar dengan kerodong dobel agar kacer bisa istirahat.
  • Anda bisa memberi kroto tapi cukup satu sendok teh saja dan berikan setiap 4 hari sekali.

Lakukan hal seperti diatas setiap hari selama kira-kira 2 minggu samlabi terus siamati perkembangannya.

Dan ada satu cara lagi yang bisa dikatakan cukup ekstrem yaitu dengan diberi unthulan. Karena kacer termasuk tipe fighter maka diberi unthulan berupa burung kecil seperti emprit atau peking untuk dijadikan pelampiasan nafsu burung kacer. Dan biarkan kacer anda menghajar emprit sampai dia benar-benar puas.

Ada juga yang melakukan terapi dengan cara mendekatkan sarang kacer dengan kacer lainnya. Dengan maksud untuk menghilangkan sifat buasnya. Tapi sebisa mungkin jangan menggunakan kacer betina untuk dijadikan unthulan. Karena nantinya malah birahi dan kacer minta kawin. Jadi bisa menggunakan kacer jantan yang sudah cukup umur.

Sebisa mungkin jangan berdekatan dengan burung tipe fighter yang lain seperti murai. Sebaiknya dipisahkan atau ditempatkan agak berjauhan. Sehingga hanya terdengar suaranya saja.