Memilih Bakalan Cendet

cendet anakan

Burung Pentet atau Cendet merupakan salah satu burung buas yang memiliki suara isian yang bervariasi.  Banyak orang yang memiliki anggapan bahwa memelihara burung cendet itu sulit sekali.


Sebenarnya, cara merawat burung cendet tidaklah berbeda dengan cara merawat burung berkicau jenis lain. Lagipula burung cendet termasuk burung yang mudah beradaptasi dengan lingkungannya, sehingga tidak terlalu sulit untuk dijinakkan. 

Sexing atau menentukan jenis kelamin merupakan suatu hal yang penting dan sangat menentukan bila ingin memelihara burung cendet selain memiliki suara yang bagus. Disamping itu faktor genetis juga dapat menentukan kualitas suara burung cendet.

Kali ini kami akan mencoba memberikan anda beberapa cara atau langkah yang dapat anda jadikan bahan acuan saat memilih bakalan burung cendet, yaitu:

  • Pilihlah bakalan yang berkelamin jantan. Ciri-ciri burung cendet jantan dapat anda lihat dari warna bulunya yang mengkilap, tegas serta kontras.
  • Pilihlah bakalan cendet yang memiliki paruh dengan pangkal berbentuk lebar, besar, tebal serta panjang. Sedangkan bagian bawah paruhnya lurus. Selain itu lihatlah posisis lubang hidungnya. Pilihlah yang posisi lubang hidungnya berdekatan dengan posisi matanya. Makain dekat makin bagus. Jangan memilih yang paruhnya bengkok.
  • Kepalanya bulat dan besar.  Karena kepala yang besar pasti tersimpan otak yang besar sehingga burung semakin cerdas dan dapat menyimpan banyak suara isian dengan aneka variasi.
  • Matanya bulat besar dan tajam. Karena nantinya akan memiliki mental yang bagus saat diikutkan kontes.
  • Lihat postur tubuhnya. Pilihlah yang memiliki postur tubuh yang tegap dengan dada bidang. Leher,tubuh, ekor serta bagian kakinya memiliki panjang yang serasi. Jangan pilih bakalan yang tubuh dan lehernya pendek
  • Pilih yang sayapnya tertutup rapat serta memiliki kaki yang kuat. Ini tandanya bakalan burung cendet tersebut dalam keadaan sehat. Pilih kaki yang ukurannya besar serta terlihat kering. Warna kaki tidak membawa pengaruh pada mental tempurnya.
  • Memiliki nafsu makan yang besar serta bergerak dengan lincah. Hal ini merupakan ciri-ciri burung cendet bakalan yang memiliki mental yang bagus.
  • Lehernya padat berisi dan panjang. Ini adalah tanda bahwa bakalan cendet ini nantinya akan memiliki kekuatan suara yang prima saat ikut kontes.
  • Rajin mengeluarkan suara kicauan. Burung cendet bakalan yang rajin berkicau umumnya mempunyai bakat yang alami serta mental yang bagus, tidak merasa takut saat bertemu burung yang sama ataupun pada saat lomba.