Seriwang Asia

seriwang asia1

Seriwang asia atau dalam bahasa Inggris disebut Asian Paradise Flycatcher memiliki nama ilmiah Terpsiphone paradisi. Memiliki panjang tubuh sekitar 19 hingga 22 cm dan panjang ekornya bisa mencapai 24 hingga 30 cm.


Penampilannya mirip dengan burung murai batu ekor panjang namun seriwang adia memiliki warna yang berbeda serta memiliki jambul yang eksotik.

Terkadang burung ini diperjual belikan dengan bebas dipasar burung. Walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak. Dipasaran para penjual sering menyebut burung ini dengan nama burung tali mayit atau burung tali pocong. Mungkin dikarenakan ekornya yang panjang.

Burung ini suaranya cukup kencang dan merdu sehingga bisa dijadikan untuk dijadikan master.

seriwang asia

  • Ciri-ciri fisik

Untuk spisies T. p. paradisi punggung dan ekornya berwarna cokelat tembaga, dada dan perut berwarna putih. Iris coklat dengan titik hitam. Kepala dan jambul berwarna hitam. Kakinya pendek sehingga saat bertengger tubuhnya tegak seperti cendet.

Sedangkan untuk T. p. leucogaster  bulu berwarna putih dengan kepala dan jambul berwarna hitam. Iris mata hitam. Sayap memiliki beberapa bulu yang berwarna hitam.

Pada spisies T. p. paradisi betina punggung berwarna cokelat, dada dan perut berwarna putih kusam, kepala dan jambul berwarna hitam. Hanya saja ekornya lebih pendek dari yang jantan.

  • Habitat

Seriwang asia tinggal di hutan yang lebat serta dikenal sebagi burung migrasi. Ketika wilayah utara Asia memasuki musim dingin, maka kawanan burung ini akan bermigrasi ke hutan tropis di Asia Selatan serta Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Burung seriwang asia merupakan burung endemik di hutan wilayah Asia. Wilayah penyebaran mulai dari Turkistan, hingga ke Cina, wilayah India dan Srilanka, hingga ke Indonesia terutama di Pulau Sumba dan Alor. Burung seriwang asia juga sering terlihat di Maladewa dan Korea.

 

  • Karakteristik dan perilaku

Burung seriwang asia merupakan burung yang berisik, memiliki suara panggilan yang khas dan tajam berbunyi “kreeekk..kreekk “.

Burung seriwang asia sering berburu makanannya sembari terbang. Makanan kesukaan seriwang asia adalah serangga seperti kumbang, capung, kutu kayu, laba-laba, dan juga ulat. Tapi tidak jarang juga mereka memakan buah-buahan kecil.

Burung seriwang asia suka bertengger di tempat yang teduh dan tidak jauh dari kolam sehingga bisa mandi dengan sepuasnya.

Sarangnya terbuat dari rumput dan ranting kering yang dianyam sedemikian rupa dan berbentuk seperti cawan yang agak dalam. Telurnya berwarna cokelat seperti telur ayam dengan bercak-bercak berwarna kemerahan. Telurnya sekitar 3 hingga 4 butir.