Blue Wren

blue wren

Superb Fairywren memiliki nama ilmiah Malurus cyaneus. Burung ini juga dikenal dengan nama Superb Blue-wren atau sering disingkat Blue Wren merupakan salah satu jenis burung keluarga Maluridae. Burung ini sangat umum dan sering sekali ditemukan di wilayah tenggara Australia.

Burung-burung ini memiliki beberapa karakteristik yang aneh. Mereka membentuk pasangan jantan dan betina, namun pasangan ini akan kawin dengan burung blue wern yang lain. Dan biasanya blue wren jantan akan memetik kelopak bunga berwarna kuning serta memberikan kelopak tersebut pada burung betina sebagai bagian dari prosesi kawin.

Selain itu betina Blue Wren selalu berkicau di saat mengerami telur-telurnya. Sang induk akan terus berkicau dengan nada tertentu di dekat telurnya untuk mengajari calon-calon anaknya. Nyanyian ini harus dimengertiserta harus dikuasai benar-benar oleh para anaknya sejak di dalam telur hingga saatnya menetas. Bila tidak, maka anakan tersebut tidak akan diberi makan oleh sang induk. Nyanyian ini berfungsi bagi sang induk untuk dapat membedakan anaknya atau burung lain yang sering mengganggu sarangnya.

blue-wren

  • Ciri-ciri fisik.

Blue Wren memiliki ukuran sekitar 10 cm. di musim kawin yang jantan mememiliki warna biru terang yang mencolok pada bagian dahi, telinga, mantel serta bagian ekornya.  Topengnya berwarna hitam, tenggorokan berwarna biru gelap atau biru kehitaman. Iris dan paruh berwarna hitam.

Sedangkan yang betina warna dahi hingga mantel berwarna kelabu , dada berwarna putih. Iris hitam dan paruh berwarna cokelat.

  • Habitat.

Blue Wren dapat ditemukan di hampir semua tempat yang memiliki semak padat sebagai tempat tinggalnya. Termasuk padang rumput dengan semak-semak yang rimbun, hutan, hutan padang rumput serta perkebunan.

Blue Wren mudahs ekali ditemukan di wilayah tenggara yang cukup subur di Australia termasuk Kangaroo island serta Adelaide, ujung Semenajung Eyre, Victoria, Tasmania, pesisir New South Wales, Queensland melalui Brisbane. Juga merupakan burung yang sangat umum dijumpai di pinggiran Sydney, Melbourne serta Canberra.

blue wren 2

  • Makanan

Blue Wren sering mencari makan dalam kelompok kecil untuk berjaga-jaga dari adanya serangan predator. Mereka bisa turun ke tanah mencari makanan atau terbang di sekitar semak-semak yang rimbun.

Makanan utama Blue Wren adalah serangga seperti semut, belalang, kumbang, lalat, ulat serta laba-laba. Terkadang mereka juga memakan buah-buahan kecil, biji-bijian serta bunga.

  • Perkembang biakan

Blue Wren berkembang biak pada musim semi hingga akhir musim panas. Sarangnya berbentuk bulat atau seperti kubah yang terbuat dari rumput yang ditenun dengan jaring laba-laba.

Burung-burung yang muda terkadang ikut membantu dalam mengasuh dan merawat anakan Blue Wren, serta mengusir burung-burung predator.  Sebab sarangnya sering dijadikan tempat untuk bertelur burung cuckoo.