Fumayin Pada Kenari

fumayin

Meracik sendiri pakan dengan cara mencampur biji-bijian adalah suatu hal yang paling mudah untuk dilakukan. Burung kenari dapat diberi pakan dari campuran biji kenari, biji sawi, milllet, serta tepung fumayin.


Pemberian racikan pakan ini terkadang dicampur dan terkadang juga tidak dicampur dengan serangga. Jumlah takaran biji-bijian juga dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Dan untuk melengkapi nilah gizi pakan tersebut, kita juga dapat meletakkan pakan berupa sayuran di tempat yang terpisah.

Hemp seed umumnya digunakan untuk perawatan dan pengobatan bagi manusia. Dan jika diberkan pada burung maka akan dapat mendongkrak performa burung di arena lomba serta untuk mendongkrak vitalitas dan birahi burung dalam penangkaran.

Dan ternyata dalam produk pakan burung buatan impor yang terkenal sekaliun dalam mendongkrak performa burung lovebird dan kenari juga terdapat butiran-butiran fumayin.

burung kenari

Terkadang pemberian fumayin pada kenari maupun lovebird pada saat kontes memang menunjukkan adanya peningkatan performa pada burung. Burung menjadi lebih gesit, gacor serta tampil ngotot. Namun setelah lomba burung jadi lemas tak bertenaga.

Jika memang ada sudah terbiasa memberikan fumayin sebelum kontes, maka sebaiknya dirubah mulai sekarang dengan cara tetap diberikan setelah burung ikut kontes serta mengurangi jumlah porsinya secara bertahap selama sekitar 1 minggu setelah itu dihentikan.

Anda bisa memberikan fumayin lagi saat burung akan bersiap ikut kontes atau untuk ditangkarkan.  Sehingga performanya tetap stabil, tidak tinggi serta tidak langsung drop.

Racikan pakan yang biasanya diberikan untuk burung kenari, sebagai berikut:

Kedelai 500 gram

Jagung 250 gram

Kacang hijau 500 gram

Tepung biji fumayin 50 gram

Tepung bekatul 250 gram

BirdMineral 1 gram

Cara membuatnya:

  • Tumbuk kedelai, jagung serta kacang hijau sampai halus menjadi tepung
  • Tepung bekatul disangrai.
  • Campur tepung dengan perbandingan tepung kedelai 2 bagian, tepung jagung 1 bagian, tepung kacang hijau 2 bagian, tepung bekatul 1 bagian, ditambah tepung fumayin serta BirdMineral.

Fumayin

Untuk indukan dalam penangkaran yang terlambat bertelur:

  • Biji-bijian sama seperti diatas
  • Tepung bekatul di sangrai.
  • Campur sampai rata semua tepung dengan perbandingan tepung kedelai 1 bagian, tepung kacang hijau 9 bagian, tepung jagung 1 bagian, tepung bekatul 1 bagian, fumayin 75 gram serta birdmineral 1 gram.

Untuk indukan dalam masa pengeraman:

  • Biji-bijian seperti diatas
  • Sangrai tepung bekatul.
  • Tepung kedelai, jagung serta kacang hijau di campur rata dengan tepung bekatul 1 bagian ditambah dengan BirdMineral secukuprnya, tanpa diberi fumayin.

Selain itu ada beberapa cara lain dalam penggunaan fumayin, yaitu:

  • Tepung fumayin dicampur pada pakan jadi seperti voer dengan perbandingan 5 gram tepung fumayin untuk 2,5 ons voer jadi. Aduks ecara perlahan hingga rata. Usahakan agar voer jangan sampai hancur.
  • 1 gram tepung fumayin, diberi air mendidih sekitar 20 ml atau 5 sendok makan, lalu aduk, kemudian dinginkan.  Airnya dapat digunakan untuk air minum burung. Endapannya bisa diletakkan di permukaan buah atau dikeringkan lagi untuk dicampurkan ke dalam pakan lovebird atau kenari.

Cara mudah untuk membuat tepung fumayin atau hemp seed adalah dengan diblender butiran-butiran hemp seed  yang sudah kering hingga lembut. Lalu disimpan dalam wadah kedap udara serta  diberi silica gel untuk menjaga kelembabannya.

Harga hemp seed berdasarkan pada kualitasnya:

  • Kualitas 1 biji besar-besar kering , tanpa kopong sekitar Rp 75.000 per ons.
  • Kualitas 2  harganya sekitar Rp 50.000 per ons.
  • Kualitas rendah dalam kondisi tercampur rumput dan daun serta biji-biji kopong dan kecil-kecil harga Rp 30.000 per ons.

Sekarang juga tersedia tepung fumayin dalam bentuk sachet dengan harga Rp 75.000. per sachet.