Serindit Jawa

Serindit jawa

Serindit Jawa memiliki nama ilmiah Loriculus pusillus. Burung ini merupakan species burung dari keluarga Psittacidae serta genus Loriculus.


Burung Serindit merupakan burung yang masuk dalam jenis burung berparuh bengkok. Tubuhnya memiliki ukuran yang kecil dan tersebar di hutan-hutan tropis di wilayah Asia Tenggara.

Burung serindit memiliki suara yang keras dan mengalun merdu, serta memiliki suara dencing yaitu suara khas burung berparuh bengkok yang lantang. Suara dencing inilah yang cukup menarik untuk dijadikan master untuk memaster burung berkicau seperti murai batu.

Suara dencing serindit akan mengalun indah dan lebih bagus bila dibawakan oleh murai batu dan tentunya akan lebih keras dan lebih tajam bila dibandingkan dengan dencing asli serindit sendiri.

Untuk alasan itulah mengapa burung Serindit kerap kali dicari oleh para pecinta burung yaitu untuk dijadikan master burung berkicau lainnya seperti murai batu, cendet, lovebird serta anis merah.

  • Ciri-ciri fisik.

Serindit jawa memiliki ukuran tubuh relatif kecil sekitar 12 cm. yang jantan memiliki warna tubuh hijau terang pada bagian atas, tubuh bagian bawah berwarna hijau kekuningan. Tunggir berwarna merah serta memiliki tungging dan penutup ekor berwarna merah. Dan memiliki bercak berwarna kuning pada bagian tenggorokan.

serindit jawa1

Sedangkan yang betina, nercak kuning pada bagian tenggorokan memiliki ukuran lebih kecil, iris serta paruhnya berwarna kuning, dan kaki berwarna jingga.

  • Makanan dan perawatan.

Merawat burung serindit dapat dikatakan cukup mudah. Cukup diberi makanan berupa sayuran hijau seperti selada serta buah-buahan segar seperti pakan burung paruh bengkok lainnya. Bisa juga ditambahkan ekstra fooding berupa serangga seperti jangkrik serta ulat kecil.

Untuk pemberian buah bisa diberikan lebih banyak seperti buah pepaya maupun pisang. Dan memberi air minum dicampur sedikit gula ataupun madu. Karena burung ini juga suka mencari nektar atau madu yang terdapat pada berbagai jenis bunga di habitat aslinya yaitu di hutan.

Seandainya kehabisan bahan pakan seperti pisang dan pepaya anda juga bisa memberinya bubur bayi.

  • Habitat

serindit jawa2Habitat asli burung serindit adalah di hutan primer, perkebunan, serta tempat-tempat lain yang lembab dan memiliki ketinggian 2000 meter dari permukaan laut.

  • Reproduksi

Burung serindit berkembang biak pada bulan Maret hingga bulan Mei.  Pada umumnya burung serindit membangun sarangnya di dalam sebuah lubang pohon yang nantinya akan dilapisi dedaunan. Terkadang sering juga dijumpai membangun sarang di bekas sarang burung pelatuk.

  • Penyebaran

Burung serindit jawa benyebar di hutan-hutan di pulau Jawa dan Bali