Agar Cucak Hijau Rajin Bernyanyi

burung cucak hijau

Cucak hijau merupakan burung yang memiliki suara kicau yang merdu. Selain itu harganya juga relatif tidak berat di kantong.

Hal seperti ini membuat burung cucak hijau semakin disukai oleh para penghobi sebagai purung peliharaan biasa maupun sebagai calon jawara kontes.

Burung ini memiliki kemampuan untuk menirukan suara burung yang lain di dekatnya. Namun terkadang tidak jarang pula cucak hijau menjadi membisu atau malas bernyanyi seperti dulu.

Kali ini kami akan mencoba untuk memberikan beberapa cara dan tips untuk merawat burung cucak hijau agar rajin untuk berkicau.

  • Pertama-tama memilih jenis kelamin. Umumnya yang rajin sekali berkicau adalah burung jantan. Dan umumnya para penghobi burung telah mengetahiu ciri-ciri serta perbedaan cucak hijau jantan serta yang betina.
  • Burung dimandikan secara rutin setiap pagi, baik dengan menggunakan sprai atau menggunakan karamba mandi untuk burung, atau menggunakan wadah seperti mangkuk yang dimasukkan ke dalam sangkar.  Biasakan dimandikan setiap pagi sekitar pukul 7, atau tergantung pada situasi, jika kebetulan sedang hujan bida dimandikan agak siang. Jika menggunakan semacam wadah, jangan lupa untuk mengambil wadah tersebut setelah burung selesai mandi.
  • Dijemur selama sekitar 1 jam, bila matahari sedang terik. Jika cuaca agak mendung bisa agak lama sekitar 1,5 jam. Setelah itu di angin-anginkan di teras rumah atau ditempat yang sejuk.
  • Menyediakan pakan yang cukup serta berkualitas. Seperti voer misalnya. Berikan voer yang bagus ahar burung tidak kekurangan nutrisi dari makanannya.
  • Pakan tambahan juga dapat diberikan seperti jangkrik atau ulat hongkong. Untuk jangkrik cukup berikan sekitar 2 hingga 3 ekor saja setiap hari. Untuk pemberian kroto maupun ulat hongkong, berikan sekitar satu sendok saja, dan berikan setiap 2 hari sekali.
  • Dimaster. Baik secara langsung dengan cara di dekatkan dengan burung lain yang sudah rajin untuk berbunyi, seperti jalak kebo. Bisa juga dengan menggunakan kaset atau mp3.
  • Buatlah suasana lingkungan si burung senyaman mungkin. Jangan sampai ada yang menggoda atau menakuti burung. Jika terus menerus berkelanjutan, burung bisa stress dan akan berpengaruh pada kesehatan serta suaranya. Ada baiknya di kerodong untuk sementara sampai burung bener-benar dapat menyesuaikan diri dengan lingkukannya.

cucak hijau liar

Sedangkan untuk perawatan burung cucak hijau untuk lomba, sebenarnya tidaklah berbeda dengan perawatan secara harian.

Namun, tujuan perawatan disaat akan kontes biasanya dimaksudkan agar si burung memiliki tingkat birahi seperti yang kita inginkan serta memiliki stamina yang bagus sebelum turun di arena kontes.

Umumnya perawatan burung cucak hijau sebelum kontes, meliputi:

  • Memberikan pakan ekstra seperti jangkrik sebanyak 6 hingga 10 ekor, pada 3 hari sebelum kontes.
  • Hari ke 2 sebelum kontes burung dijemur sekitar 30 menit saja. Tidak usah terlalu lama.
  • Sekitar 1 jam sebelum di gantung di arena kontes, berikan 3 ekor jangkrik dan 20 ekor ulat hongkong. Jika burung dapat turun kembali ke kontes berikutnya, berikan lagi jangkrik 1 ekor saja.
  • Jangan dimandikan pada saat di lapangan kontes. Hal ini dapat menyebabkan birahinya menjadi tidak stabil.
  • Ada baiknya anda memberikan waktu luang pada burung untuk beradaptasi dengan suasana kontes. Hal ini bertujuan agar burung tidak kaget atau stress sehingga menjadi malas berbunyi saat kontes.

Perawatan setelah kontes juga perlu. Hal ini bertujuan untuk memulihkan stamina si burung, seperti:

  • Porsi pemberian pakan esktra kembali seperti pada hari biasa.
  • Mencampur minumannya dengan multivitamin pada hari pertama setelah kontes.
  • Dijemur sekitar 30 menit saja sampai 3 hari setelah kontes.

Moulting atau mabung mrupakan siklus alami pada semua burung. Perawatan pada saat mabung merupakan hal yang sangat penting. Jika cara perawatannya salah pada saat burung dalam keadaan mabung, maka bulunya bisa rusak.

Metabolisme pada burung  akan meningkat sekitar 40% daripada keadaaan normal. Karena itu, burung sangat mebutuhkan nutrisi yang berkualitas dengan porsi yang lebih banyak daripada biasanya.

cucak hijau

Ketika mengalami proses mabung, sebaiknya burung jangan dulu dipertemukan dengan burung lain yang sejenis. Karena hal ini dapat mengganggu proses mabung. Efek sampingnya dapat membuat hormon si burung menjadi tidak seimbang. Selain itu, proses mabung juga sangat berkaitan dengan hormon reproduksi.

Cara perawatan cucak hijau saat mabung, meliputi:

  • Meletakkan burung di tempat yang jauh dari keramaian. Jangan lupa untuk ditutup kerodong. Untuk mandi cukup 1 kali saja dalam seminggu, serta proses penjemuran juga cukup 30 menit saja.
  • Untuk pakan ekstra perlu diberi lebih banyak. Hal ini diperlukan untuk pembentukan sel-sel serta bulu-bulu yang baru. Berikan jangkrik 5 ekor dalam sehari, atau 1 sendok makan kroto, maupun 3 ekor ulat hongkong tiap pagi. Berikan multivitamin dalam wadah minumnya  setiap dua kali dalam 1 minggu. Jangan lupa untuk selalu memberikan buah pepaya. Selain bagus untuk pencernaannya, pepaya juga mengandung vitamin C untuk daya tahan tubuhnya. Saat mabung bagus untuk memaster burung. Pada saat mabung si burung tidak banyak bergerak sehingga dapat menyimpan suara-suara master di dalam memorinya.