Seputar Suara Pleci

burung pleci

Saat ini semakin banyak penghobi burung berkicau yang memelihara burung pleci. Baik para penghobi yang sudah mahir serta para pemula.

Bagi para penghobi burung yang telah ahli pasti sudah bisa membedakan tentang ngriwik, ngalas, ngerol dan juga ngeplong.

Namun tidak bagi para pemula. Para pemula banyak yang masih belum paham tentang apa yang disebut ngriwik, ngalas, ngerol maupun ngeplong.

Berikut ini kami akan memberikan sedikit pengertian tentang ngriwik, ngalas, ngerol serta ngeplong:

  • Ngeriwik

Yang disebut ngeriwik adalah memutar ulang lagu maupun suara isian dengan suara pelan. Lagu atau suara yang dikeluarkan oleh pleci biasanya berasal dari pemasteran secara alami yang telah terekam pada memori si burung tersebut. Cara seperti ini umumnya digunakan oleh si burung sebagai cara untuk belajar serta menyambung dan mengaransemen suara atau lagu yang dia miliki sengan baik serta harmonis.

  • Ngalas

Merupakan sebuah istilah yang merujuk pada kemampuan si burung dalam melagukan suara kicuannya yang asli seperti pada habitat aslinya. Ngalas merupakan kicauan panjang atau ngerol dengan menggunakan suara asli pleci yaitu suara ” ciw..ciw.. ” yang nadanya rapat dan bersambung secara terus menerus dalam waktu yang cepat. Nada suaranya cenderung naik turun seperti ditarik serta bergulung-gulung dengan panjang atau yang biasa disebut juga dengan nama ropel.

  • Ngerol

Merupakan kemampuan si burung dalam melagukan kicauannya secara sambung menyambung dan tidak putus-putus.  Biasanya si burung akan mengeluarkan lagu isian dengan suara aslinya secara yang dicampur  secara harmonis. Namun suaranya masih belum terlalu kencang.

Istilah ngerol telah ditetapkan pada burung pleci yang telah mampu melagukan berbagai macam lagu isian dengan panjang tanpa terputus

pleci liar

Istilah ngeroll sendiri juga terdiri dari beberapa macam, seperti:

  • Dengan suara Middle tone, hanya ngeriwis dengan tidak membuka paruhnya, tanpa disertai dengan gerakan teler seperti kepala mendongak keatas.
  • Dengan suara middle tone, tanpa membuka paruhnya, namun disertai dengan gerakan teler yaitu kepalanya menunduk sambil bergerak ke kanan serta ke kiri.
  • Mengeluarkan suara yang panjang dengan volume yang kencang dengan membuka paruh
  • Ngeplong

Ngeplong adalah istilah si burung melagukan semua suara baik isian maupun suara aslinya dengan volome yang kencang sambil membuka paruhnya secara terus menerus.

Ngeplong sendiri terbagi lagi menjadi tiga macam, yaitu:

  • Ngeplong dengan lagu ngalas yang diulang-ulang hingga berkali-kali
  • Ngeplong dengan mengeluarkan semua lagu isian yang telah tersimpan di memorinya dengan nada yang panjang.
  • Ngeroll sambil terus membuka paruhnya dengan melagukan lagu ngalas yang diakuasai secara panjang dan lantang.

pleci

Banyak para pengobi serta penikmat suara burung pleci yang mencari-cari burung pleci yang memiliki tipe seperti diatas, apa lagi jika ditambah dengan karakter pleci petarung, sebab:

  • Pleci yang sudah dalam tahap ngeplong ngalas terkadang dia akan ngriwik dengan mengeluarkan semua suara isian yang dia kuasai, dan bahkan terkadang ngeriwik sambil teler. Jika selama mudanya, pleci jarang merespon suara-suara dari burung lain, suara yang dia keluarkan saat ngeriwik hanya suara ngalas saja. Jadi, dapat dikatakan semua suara yang dikeluarkan si burung tergantung dari tingkat kecerdasan si burung sendiri.
  • Nada panggilan aslinya seperti  ” cuiit..cuiitt “. Saat anda memiliki bakalan pleci, pilih bahan master yang telah menguasai nada panggilan tersebut dan dapat mengeluarkannya secara berkali-kali. Namun, setiap jenis pleci memiliki nada panggilan tersendiri. Jadi untuk memaster dada kuning, ya anda diharuskan untuk mencari bahan dengan jenis dada kuning.