Manfaat kartu NPWP untuk pengusaha

Adakah manfaat kartu NPWP bagi para pengusaha? Tiap-tiap perusahaan pasti sudah terdaftar serta mempunyai nomer pokok wajib pajak atau NPWP. Layaknya telah diatur dalam undang-undang ataupun ketentuan yang berlaku, tiap-tiap pendapatan ataupun menambahkan nilai usaha dikenakan pajak serta masuk sebagai pemasukan negara. Pengurusan pajak umumnya dikerjakan waktu usaha didirikan serta jadi syarat saat mengajukan izin usaha.

6b5dd-manfaatkartunpwpSebagai warga negara yang baik, sudah pasti kesadaran membayar pajak merupakan perihal yang amat penting. Terlebih perusahaan yang beroperasi di lokasi Indonesia serta mendapatkan keuntungan dari usahanya, sudah pasti mesti berikan pajaknya pada negara. Melalui pajak-pajak inilah maka pembangunan bisa dikerjakan. Dengan pajak juga, pemerintah berupaya menambah kesejahteraan masyarakat.

Tetapi sayangnya, tidak sedikit masalah penyelewengan pajak yang berlangsung. Kasus Gayus Tambunan merupakan diantara masalah penyelewengan pajak yang pernah terbongkar serta mencuat ke permukaan. Dari satu masalah ini saja diperkirakan negara dirugikan tidak kurang dari Rp 100 milyar, di mana duit itu merupakan pajak dari perusahaan-perusahaan yang ditanganinya. Tidak diketahui, berapa banyak lagi kasus-kasus serupa yang dikerjakan Gayus yang tidak atau belum terlacak.

Insentif untuk Pengusaha

Walau merupakan sesuatu keharusan, tetapi keberadaan pajak untuk dunia usaha tampaknya kurang memberikan faedah. Pemerintah sendiri selama ini kurang mendayagunakan pajak sebagai insentif menambah pendapatan negara. Paling perusahaan hanya dapat mengambil manfaat kartu NPWP untuk mendapatkan fasilitas bebas fiskal waktu mengurus paspor untuk melancong ke keluar negeri.

Untuk menambah kesadaran dunia usaha membayar pajak, ada kalanya pemerintah lakukan banyak program, terutama untuk merangsang dunia usaha. Salah satunya memberikan tax holiday maupun lakukan pemutihan. Tetapi insentif ini lebih untuk menggenjot optimalisasi pajak itu sendiri serta bukan ‘hadiah’ untuk yang sudah melaksanakan keharusan membayar pajak.

NPWP untuk Kartu Diskon 

Sesungguhnya masih banyak cara berikan imbal balik untuk dunia usaha yang sudah taat membayar pajak. Layaknya yang dulu dikerjakan dengan sukses di Bandung di mana beberapa pengusaha bisa mengambil manfaat kartu NPWP sebagai kartu potongan harga. Langkah pemerintah daerah ini dikerjakan dengan menjalin kerja sama dengan beragam vendor ataupun usaha yang ada, seperti restoran atau hotel.

Kesuksesan Bandung tersebut lantas diikuti pemerintah provinsi Jateng. Di Semarang, beberapa pengusaha bisa memakai nomer NPWP sebagai kartu potongan harga untuk berbelanja spesial pada even Semarang Great Sale. Perihal besarnya potongan harga yang didapatkan diserahkan pada pelaku usaha yang terdaftar

Walau potongan harga ini cuma berlaku sepanjang kurun waktu yang terbatas, tetapi langkah ini sekurang-kurangnya merupakan usaha pemerintah daerah berikan rangsangan untuk dunia usaha yang sudah membayar pajak. Dengan adanya insentif sejenis ini, maka pengusaha dapat merasakan manfaat kartu NPWP, sehingga diharapkan dunia usaha makin sadar dengan keharusan membayar pajaknya.