Penyakit Pada Burung Kenari

images (1)Semua mahluk yang hidup di bumi ini pasti akan mengalami penyakit, baik itu manusia, tumbuhan, maupun hewan.

Burung kenari pun juga bisa terserang penyakit. Ada berbagai macam penyakit yang yang bisa saja menyerang burung kenari.


Burung kenari bisa saja terserang berbagai macam penyakit yang umumnya terjadi karena kesalahan pada perawatan, faktor kebersihan lingkungan serta kebersihan kandang yang tidak terjaga dengan baik.

Kali ini kami akan mengulas tentang berbagai penyakit yang bisa terjadi pada burung kenari kesayangan kita.

  • Virus

Burung kenari yang terserang penyakit karena virus, akan mengalami efek yang sangat buruk. Selain virus cepat sekali menyebar, virus juga bisa saja menyerang burung lain maupun mahluk hidup yang lain yang dekat atau berada di sekitar lingkungannya. Penyakit pada burung kenari yang disebabkan oleh adanya virus, umumnya karena faktor lingkungan yang tidak terjaga kebersihannya maupun memang karena musim penyakit. Penyakit yang disebabkan oleh virus pada burung kenari umumnya seperti orithosis, serta flu.

  • Bakteri

Burung kenari juga bisa terserang penyakit karena serangan bakteri. Bakteri bisa terjadi karena sangkar yang tidak bersih atau jarang sekali dibersihkan. Selain itu bisa juga karena penjemuran yang terlalu cepat. Penyakit pada burung kenari yang disebabkan oleh bakteri umumnya, seperti berak kapur

  • Parasit
mata bengkak
mata bengkak

Parasit juga bisa menyerang burung kenari. Parasit akan menyerang saluran pencernaan maupun saluran pernapasan pada burung kenari. Burung kenari menjadi serak serta bisa juga menyerang mata sehingga kenari menjadi bengkak pada bagian kelopak matanya. Serangan parasit juga umumnya terjadi karena kebersihan sangkar yang tidak terjaga.

  • Jamur

Serangan jamur pada burung kenari akan menyebabkan penyakit bubul pada burung kenari. Kaki burung kenari akan berjamur dan bersisik sehingga burung kenari tidak bisa berdiri dengan sempurna. Selain itu jamur juga bisa menyerang bagian tubuh burung kenari yang lain.

  • Amoeba serta Protozoa.

Amoeba serta protozoa akan menyerang telur burung kenari. Setelah burung kenari menetas dari telur, burung kenari tersebut membawa penyakit yang disebabkan oleh serangan amoeba serta protozoa. Umumnya penyakit karena serangan amoeba serta protozoa akan menyebabkan munculnya kista maupun tumor.

  • Cacing

Burung kenari juga bisa terserang penyakit pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh cacing. Jenis cacing yang sering menyerang burung kenari adalah, cacing gelang, cacing rambut serta cacing pita. Serangan penyakit cacingan pada burung kenari umumnya disebabkan oleh kondisi kebersihan sangkar yang kurang bersih serta sangkar besar yang terlalu lembab.

  • Kutu

kutu pada burung3

Kutu merupakan binatang kecil yang ikut terbang karena tiupan angin. Burung kenari yang terserang kutu umumnya akan mencabuti bulu-bulunya sendiri. Kutu akan terus menetap di balik bulu-bulu burung kenari dan menghisap darah burung kenari kesayangan kita.

Untuk mengatasi semua penyakit tersebut kita harus selalu menjaga kebersihan sangkar serta cara perawatan yang baik. Jika kebersihan kandang serta wadah pakan dan minumnya selalu terjaga, maka burung kenari kesayangan kita akan tetap terjaga kesehatannya. Selain itu pemberian pakan yang baik serta teknik penjemuran yang baik juga akan menjaga kesehatan burung kenari.