Perawatan Burung Kenari

images

Penyelidikan tentang perilaku binatang khususnya burung kenari sudah berjalan sejak lama. Seorang profesor juga telah menunjukkan secara ilmiah bahwa seekor binatang yang sudah dipelihara oleh manusia akan mengira bahwa lingkungan tersebut adalah lingkungan atau wilayah tempat tinggalnya.


Hal seperti ini berlaku untuk semua binatang yang sudah dipelihara oleh manusia dari generasi ke generasi dan dikembangbiakkan dalam sebuah lingkungan tangkapan. Dalam hal ini maka sangkar sebagai area tempat tinggalnya.

Burung kenari merupakan burung kecil yang memiliki kicauan yang merdu sehingga banyak sekali para pecinta burung memelihara burung kenari.

Burung kenari memiliki banyak variasi warna yang unik serta suaranya yang naik turun dengan nada serta ritme irama yang cukup variatif.

Perawatan burung kenari tidaklah terlalu sulit serta sangat menyenangkan sekali.

Karakter burung kenari

  • Mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.
  • Suka bertarung dan bernyanyi. Jika mendengar suara burung kenari maupun suara burung lain, maka nyanyiannya akan semakin kencang.
  • Mudah naik birahi. Variasi pakan yang tidak tepat, cara penjemuran yang berlebihan maupun melihat kenari betina akan semakin cepat meningkatkan birahinya.
  • Karena mudah beradaptasi, burung kenari mudah sekali untuk dijinakkan.
  • Tidak gampang stres sehingga banyak sekali orang yang menangkarkan burung kenari.

Ada baiknya untuk selalu menjaga kondisi kesehatan burung kenari sehingga anda bisa menikmati keindahan suaranya.

images (1)

Seperti burung yang lain, maka sebaiknya makanan dan minumannya harus benar-benar dijaga kebersihannya, serta menjaga kebersihan di lingkungan sekitar sangkar.

Sangkar kecil yang barbau serta kotor akan membuat burung kenari menjadi stres, apalagi bila wadah pakan dan minumnya tidak bersih, sehingga lama kelamaan burung kenari akan sakit.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memelihara burung kenari adalah:

  • Sangkar
  • Tempat mandi
  • Perawatan
  • Saat mabung
  • Komposisi pakan
  • Area tempat pakan dan minum

Tidak hanya menjaga kebersihan sangkar saja, namun kondisi kesehatan burung kenari juga harus diperhatikan.

Karakter dasar dari burung kenari adalah suka sekali dengan air, maka hal seperti ini akan lebih baik jika anda mau meletakkan wadah berisi air untuk mandi.

Mandi bagi burung kenari merupakan suatu kebiasaan yang sering dilakukan oleh burung kenari, terlebih saat burung kenari sedang ubah bulu. Banyak sekali para pencinta burung kenari yang mengatakan bahwa jika burung kenari memperlihatkan kebiasaan mandi, hal seperti ini berarti merupakan suatu tanda bahwa burung kenari sedang sakit.

Begitu juga dengan dalam hal penjemuran. Jangan jemur burung kenari pada saat matahari terlalu terik, karena dapat berpengaruh pada bulu maupun suara burung kenari.

Pakan utama bagi burung kenari adalah Canary seed. Namun, kita juga bisa memberikan pakan berupa byang sering kita jumpai di pasar-pasar burung.

tulang sotongAsinan.Sebagai cara untuk mencukupi kebutuhan kalsium pada burung kenari, anda dapat memberikan asupan kalsium tambahan berupa tulang sotong.

Buah dan sayuran. Burung kenari juga menyukai buah dan sayuran segar seperti daun sawi, daun selada, mentimun, wortel, apel, pear, jagung muda bahkan paprika.

Kroto serta telur. Dalam situasi tertentu, kroto serta telur merupakan pakan yang dapat menunjang pertumbuhan serta meningkatkan stamina bagi burung kenari.

Roti kering. Selain menyukai pakan segar, burung kenari juga menyukai pakan berupa roti kering. Namun yang perlu anda ingat adalah jangan memberikan pakan berupa roti kering yang mengandung banyak gula maupun garam.