Dasar-dasar Penilaian Dalam Lomba Burung Berkicau

kontes burung berkicauSuatu perlombaan baik itu lomba maupun kontes apapun itu jenisnya, pasti ada juri yang bertugas untuk menilai serta pasti memiliki standart penilaian tersendiri.

Begitu juga dengan kontes untuk burung berkicau yang sering kita kenal dengan nama Lomba Burung Berkicau.


Seorang penghobi burung berkicau yang ingin mengikuti atau memasuki arena lomba, selain harus berkonsentrasi untuk membentuk burung kesayangan agar dapat tampil dengan baik di arena lomba, sebaiknya juga harus mengerti serta mengetahui apa saja yang menjadi dasar-dasar penilaian lomba burung berkicau.

Memahami dasar-dasar penilaian dalam lomba burung berkicau sangatlah penting artinya, agar para pecinta burung yang ingin ikut lomba burung berkicau dapat lebih fokukan metode perawatan burung kesayangannya ke point utama yang menjadi dasar penilaian para juri di lomba burung berkicau.

Setidaknya ada tiga dasar penilaian lomba burung berkicau yang telah lama disepakati, meliputi:

  • Kualitas irama serta lagu pada suara burung

Irama dan lagu merupakan suatu bunyi yang memiliki alunan nada dengan tempo yang teratur serta serasi. Irama dari lagu burung yang mengikuti lomba meliputi kombinasi naik turun pada nada, kombinasi panjang pendeknya nada serta kecepatan irama yang menjadi suatu lagu yang enak untuk didengarkan.

antarafoto-1338123013-

Irama lagu yang bagus adalah irama lagu yang memiliki banyak variasi, burung aktif untuk berbunyi, memiliki tonjolan nada, permainan kecepatan ritme lagu, spasi atau jeda antar nada, isian-isian nada yang sesuai dengan nada yang lain, tidak terpotong serta tidak berulang-ulang. Sehingga burung harus memiliki keserasian bunyi atau kicauan yang harmonis.

Selain itu, burung kesayangan anda dituntut untuk rajin berkicau dengan penuh variasi yang sangat memukau ketika sedang mengikuti lomba. Terlalu lama diam serta terlalu banyak diam untuk berkicau akan mengurangi nilai pada saat mengikuti lomba burung.

  • Kualitas suara

Burung yang ikut lomba tidak harus memiliki suara yang keras saja, namun kebih condongmengarah ke kualitas suara burung kesayangan anda. Jadi selain memiliki suara yang keras tetap harus memiliki kemerduan dalam berkicau.

Kualitas suara yang baik adalah suara yang empuk, tidak fals, suara harus bersih, tidak parau serta lantang.

  • Penampilan fisik burung

Selain memiliki irama kicauan serta suara yang berkualitas, burung juga dituntut untuk memiliki penampilan fisik serta gaya yang menarik ketika mengikuti perlombaan.

Penilaian penampilan fisik serta gaya meliputi:

Untuk penilaian secara fisik, burung harus sehat, tidak cacat, warna bulu yang bagus dan indah serta point-point lainnya.

Burung ciblek

Untuk penilaian gaya, hal ini tergantung dari karakter jenis burung yang mengikuti lomba. Kriteria yang mendasar umumnya, burung selalu berkicau diatas tangkringan serta tampil menarik ketika sedang berkicau dalam lomba.

Jadi, kesimpulannya adalah:

Lomba Burung Berkicau merupakan Lomba Burung Bernyanyi. Bisa juga diartikan sebagai Lomba Seni Suara Burung. Sudah barang tentu yang menjadi dasar dari penilaian adalah dari kualitas suara atau kicauan burung itu sendiri. Bukan dari gayanya saat berkicau, bukan dari sangkar burung yang bagus serta bukan dari siapa pemiliki burung tersebut.

Maka dari itu, untuk bisa mencetak burung yang memiliki banyak prestasi di arena perlombaan adalah dengan menitik beratkan pada aspek kualitas irama lagu. Kualitas irama lagu yang bagus, tidak dapat muncul begitu saja. Jadi burung haruslah dimaster dengan benar dan tepat.