Mencari ide peluang usaha

Bila Anda kehabisan ide peluang usaha, mungkin ada baiknya Anda melihat ke dalam produk usaha yang telah Anda jalan selama ini. Sebab, terkadang orang yang telah mempunyai usaha kebingungan untuk mencari peluang baru dalam mengembangkan atau meluaskan bisnis tersebut.

Salah satu caranya ya dengan memperluasan jaringan yang ada. Sebab, terkadang  karena sibuk berbisnis, seseorang lupa berinteraksi social. Padahal berinteraksi dengan lingkungan sosialnya khususnya dengan orang-orang dalam bidang yang sama dapat memperluas wawasan keilmuan yang berguna bagi pengembangan usaha maupun menemukan ide-ide peluang usaha 2014 yang mungkin tidak terpikirkan selama ini.

4c30e-idepeluangusahaUntuk itu tidak ada salahnya kita bergabung atau masuk ke salah satu organisasi himpunan pengusaha misalnya. Di wadah ini kita jadi bisa salaing sharing  pengalaman, berkonsultasi dan  mendapat masukan-masukn solusi dari berbagai permasalahan berwirausaha.

Kalau ingin mengambil manfaat lebih banyak lagi terhadap peluang bisnis saat ini, jalinlah kemitraan dengan BUMN atau kantor dinas pemerintah terkait yang biasanya  menyelenggarakan  program bantuan dan pembinaan  usaha kecil menengah(UKM).  Di situ selain diberikan pelatihan-pelatihan usaha dan  kesempatan pameran, kita juga dapat memperoleh bantuan  tambahan modal terutama bila usaha kita dinilai prospektif dan potensial dalam menyerap tenaga kerja.

Selain itu, kita juga perlu melakukan penguatan usaha, terutama untuk menciptakan image usaha atau melakukan branding. Orang akan  lebih cepat mengenal usaha kita jika usaha itu punya ciri khas yang membedakanya dengan usaha-usaha lain yang sejenis. Kekhasan bisa dibangun melalui pembuatan logo, nama perusahaan,  tag line  dan sebagainya yang secara konsisten menggambarkan karakter kualitas usaha kita.

Nah, dengan jaringan usaha yang luas dan branding yang kuat, bukan mustahil akan datang banyak ide peluang usaha yang dapat ditangkap dan dikembangkan.