Peluang usaha kecil menengah

Dunia usaha beserta peluang usaha kecil menengah memegang peranan sangat penting dalam perkembangan suatu negara. Selain untuk meningkatkan dinamika perekonomian, dunia usaha juga diharapkan dapat memberikan lapangan kerja bagi masyarakatnya. Dunia bisnis juga diharapkan dapat mendukung munculnya struktur sosial dari wirausahawan skala menengah yang kuat. Konfigurasi ekonomi Indonesia yang timpang akibat dominasi skala mikro tidak cukup kondusif untuk mendukung perkembangan dan kemajuan bangsa ke depan.

e9024-peluangusahakecilmenengahPengalaman dari negara-negara maju, seperti Amerika Serikat, Jepang, ataupun Singapura, dukungan dari kelompok wirausahawan sangat diperlukan untuk kemajuan suatu bangsa sebab adanya kelompok pengusaha skala menengah yang cukup besar dan tangguh sangat berperan dalam membangun perekonomian nasional yang kuat. Indonesia membutuhkan wirausahawan skala menengah yang profesional dan kuat untuk mendorong perekonomian dan kemajuan bangsa.

Seperti yang juga dikatakan Konosuke Matsushita, seorang pebisnis besar dari Jepang, bahwa misi bisnis adalah membebaskan masyarakat dari kesengsaraan, mengatasi kemiskinan, dan membawanya ke tingkat yang sejahtera. Bisnis bukan untuk memperkaya pengusaha, pabrik, atau pemilik toko, melainkan masyarakat. Masyarakat membutuhkan dinamika dan vitalitas bisnis untuk memperbanyak dan membagi adil hasil-hasilnya. Hanya dengan keadilan itu bisnis akan berhasil baik dan sukses.

Dalam konteks ini, pelaku usaha berusia muda menjadi tumpuan harapan bagi tumbuhnya struktur sosial menengah yang kuat. Pelaku bisnis, khususnya dari kalangan muda dengan berbagai intelektualitas, potensi, dan karakternya yang kuat harus dikondisikan dan ditumbuhkan bersama inspirasi peluang bisnis yang ada. Apalagi tantangan yang semakin berat dihadapi bangsa kita membutuhkan peluang usaha kecil menengah dan peran aktif secara nyata dari para pelaku bisnis, baik tantangan berupa tingkat kesejahteraan masyarakat kita yang relatif masih jauh dari yang diharapkan maupun pengangguran yang makin menumpuk.