Hari Ibu, Saatnya Nikmati Tiwul Olahan

SOLO  –  Pagi itu, puluhan olahan tiwul tertata rapi di meja yang telah disiapkan panitia. Siapa nyana jenisnya beragam, ada nasi tiwul bakar, sushi tiwul, nasi goreng tiwul, bolu tiwul, pizza cone tiwul, brownies kukus tiwul, tiramisu cassava cake, nasi tiwul khas Wonogiri, tiwul gudangan.

Puluhan tiwul ini merupakan hasil olahan ibu-ibu rumah tangga dari Kelurahan Gilingan, yang tersaji lewat even Festival Olahan Tiwul yang digelar dalam rangka hari Ibu di lapangan serba guna Jalan Kutilang IV Cinderejo Kidul, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Sabtu (21/12).


Dalam acara ini sebanyak 44 ibu-ibu yang terbagi dalam 20 kelompok mengikuti festival olahan ini. Beragam variasi olahan tiwul tersaji dalam festival ini. Para ibu-ibu ini tidak hanya menjadikan tiwul dalam olahan menu lokal, namun juga menu western dan menu asia.

Tiwul  makanan yang dibuat dari ketela pohon atau singkong ini, rupanya mudah untuk dieksplore menjadi menu lainnya. Rektor Kampus Pemberdayaan Perempuan, Budi Iriyono mengatakan, ibu-ibu ini awal mulanya kebingungan memilih menu apa. “Akhirnya saya minta mereka mencari referensi. Dan hasilnya diluar dugaan, variasi olahan sungguh luar biasa,” katanya.

Ia mengatakan kegiatan ini bukan hanya sekedar mengolah kreatifitas semata, melainkan juga upaya memperkenalkan dan melestarikan tiwul yang merupakan makanan tradisi. “Saat ini tiwul kurang banyak dikenal oleh masyarakat. Bahkan, ditinggalkan dan tidak dilestarikan. Sebagai makanan khas Jawa Tengah (Jateng) tiwul sudah selayaknya untuk kembali dilestarikan,” katanya.

Sementara itu, Sulastri, 44, warga Cinderejo Kidul RT 5/RW 9, mengaku tertarik membuat Sushi Tiwul setelah melihat internet. Meski awalnya ragu, namun ia coba praktekan dan berhasil. “Ternyata bikinnya mudah. Sushi ini selain ada tiwul, saya kombinasikan dengan sosis dan sambel goreng,” paparnya.

Sedangkan Rujiyem, 66, Warga Bibis Wetan RT 1 RW 19, mengaku akan menjual hasil olahan tiwulnya. “Ini saya buat nasi goreng tiwul. Rencananya, nanti saya akan jualan nasi goring tiwul,” ujarnya.

Berikut kilasan fotonya. (Damian)

Wawali cicipi brownies tiwul
Wawali cicipi brownies tiwul
Wawali cicipi brownie kukus tiwul
Wawali cicipi brownie kukus tiwul
nasi tiwul bakar butler bolen
nasi tiwul bakar butler bolen
siapkan olahan tiwul
siapkan olahan tiwul
tiwul tumpeng
tiwul tumpeng
tunggu penilaian
tunggu penilaian
tunjukan sushi tiwul
tunjukan sushi tiwul