Kirab Kampanye Pemilu di Beberapa Daerah

AENGAENG.COM – Kirab kampanye bersama seluruh peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 digelar serentak di berbagai daerah di Indonesia, Sabtu (15/3/2014). Kirab tersebut sekaligus menandai dimulainya fase pemilu terbuka dalam rentetan pesta demokrasi di Tanah Air.

Memulai kampanye terbuka, perwakilan partai peserta Pemilu 2014 di Palembang, Sumsel, melakukan penandatanganan deklarasi kampanye damai di Aula universitas Tridinanti. Deklarasi kampanye damai yang dihadiri masing-masing perwakilan partai ini mencanangkan pemilu yang aman dan bebas dari anarkisme.


Sementara partai peserta Pemilu di Lhoksumawe, Provinsi Aceh menggelar kirab pawai kampanye Pemilu 2014. Pawai bersama yang yang diikuti 15 Partai Politik lokal dan nasional itu menyuarakan pemilu damai mengawali tahapan kampanye akbar calon anggota legislatif DPR RI, DPRD Provinsi Aceh dan DPRD Kota Lhokseumawe serta calon DPD RI.

Selain itu, para pengurus partai dan calon legislatif di Banda Aceh, bersama-sama melepaskan balon dan burung merpati di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh. Aksi ini sebagai simbol perdamaian mengawali kampanye terbuka. Dalam ikrar bersama para kandidat bertekad melaksanakan kampanye damai terbuka hingga 5 April yang diharapkan masyarakat Aceh dapat berlangsung damai tanpa intimidasi dan kekerasan.

Pawai bersama juga digelar di Ambon, Maluku. Kegiatan kampanye pemilu damai tersebut dipusatkan di Lapangan Merdeka, yang kemudian dilanjutkan dengan konvoi bersama keliling Kota Ambon. Begitu pula di Tangerang Selatan, kirab kampanye bersama juga menampilkan SI KORA, menjadi maskot Pemilu 2014. Konvoi kampanye bersama dimulai dari depan kantor KPUD Tangsel, Serpong, Tangerang Selatan dilanjutkan dengan mengelilingi Kota Tangsel.