Tips memulai bisnis online

Ingin memulai bisnis online, tapi bingung cara memulainya? Berikut tips-tips yang perlu Anda ketahui saat akan memulai bisnis online.

1. Keinginan dan tindakan
Hal pertama tentu saja harus ada kemauan, pastikan Anda punya keyakinan dan keinginan kuat untuk mulai melangkah ke bisnis online, jangan sampai hanya semangat diawal kesananya jadi males-malesan. Namun jangan cuma ada keinginan tapi tidak dilakukan, lakukan segera dan semangatlah.

2. Modal
Bisnis apapun menurut saya memerlukan modal, begitupun bisnis online. Walaupun sekarang sudah banyak layanan membuat blog dan web gratis seperti misalnya di blogger.com, webs.com, wordpress.com, dll tapi setidaknya kita memerlukan koneksi internet dan juga alat koneksinya seperti laptop atau gadget.

3. Tentukan jenis bisnis onlinenya
Saya sangat menyarankan untuk langsung memfokuskan pada satu bisnis online. Kan bisnis online ada banyak nih, misalnya membangun toko online, atau bisnis online PPC (periklanan), jual beli domain, dll (klik disini untuk mengetahui beberapa program penghasil uang di internet).

4. Tentukan media promosi
Kalau sudah memilih bisnis online apa yang akan diambil, saatnya menentukan media online apa yang akan digunakan untuk promosi. Pada awal memulai bisnis online, promosinya sebaiknya fokus pada satu media dulu sampai benar-benar dikuasai, misalnya media promosinya melalui BBM (blackberry messenger), melalui facebook, beriklan melalui google adwords, menggunakan blog, dll.

5. Analisis
Ini merupakan salah satu hal paling penting. Analisis setiap promosi, pendapatan, jumlah pengunjung, dan lain sebagainya. Menganalisis target konsumen/klien adalah hal paling penting, kita harus mampu menganalisis dimana target pasar kita, sehingga kita bisa mengetahui siapa saja dan dimana kita bisa melakukan promosi, jangan sampai promosi Anda dianggap sampah karena Anda salah dalam menentukan tempat promosi atau target pasar anda. Selalu buat pembukuan untuk menganalisis pengeluaran dan pemasukan anda. Untuk Anda yang berbisnis online melalui web atau blog Anda bisa menggunakan alat seperti google analytics, histats, amoung us, dll untuk mengetahui seberapa banyak pengunjung web perhari dan darimana saja pengunjung Anda berasal.

6. Target atau tujuan
Tips terkahir untuk memulai bisnis online dari saya adalah menetukan target atau menentukan tujuan. Tentukan target anda, misalnya bulan pertama Anda berbisnis online Anda harus mampu menjual 3 produk atau misalnya dalam bulan pertama harus mampu membuat web. Tentukan juga target untuk bulan-bulan selanjutnya, misalnya tiga bulan kemudian Anda harus mampu menjual 3 produk perminggu, begitupun seterusnya. Perlu diingat kondisikan setiap target dengan kemampuan anda, jangan terlalu muluk dan yang terpenting harus rasional. Jangan sampai target yang dibuat justru malah menjadi beban bagi anda.

Itulah tips dalam memulai bisnis online. Berbisnis online itu mudah jika kita tahu caranya. Kunjungi blog aengaeng.com secara berkala karena saya akan terus memberikan tips-tips dan cara berbisnis melalui media online. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *