17 Tempat angker di dunia yang populer sebagai destinasi wisata

Pekuburan Sedlec, Czech Republic: Lokasi wisata berhantu terkenal ke-11

Pekuburan Sedlec, Czech Republic - Tempat berhantu paling populer sebagai destinasi wisata
Pekuburan Sedlec, Czech Republic – Tempat berhantu paling populer sebagai destinasi wisata

Pekuburan Sedlec (dalam bahasa Czech: kostnice Sedlec) adalah sebuah kapel Katolik Roma yang berlokasi di bawah Cemetery Church of All Saints (dalam bahasa Czech Hrbitovn kostel Vech Svatch), di daerah pinggiran kota dari Kutn Hora di negeri Czech Republic. Pekuburan tersebut memiliki sekitar 40000 hingga 70000 kerangka manusia yang telah disusun secara artistik membentuk dekorasi dan perabotan gereja.

Henry, kepala biarawan ordo Cistercian di Sedlec, diutus ke Tanah Suci oleh Raja Otakar II dari Bohemia di tahun 1278. Ketika ia kembali, ia membawa segumpal tanah yang diambilnya dari bukit Golgota dan ditaburinya di atas pekuburan biara.


Kabar mengenai tindakan saleh tersebut segera tersebar dan pekuburan Sedlec menjadi tempat pemakaman favorit di seluruh Eropa Tengah.

Pada masa Black Death di pertengahan abad ke-14 dan setelah perang Hussite di awal abad ke-15, ribuan orang dikubur di sana dan pekuburan tersebut harus diperluas secara besar-besaran (Black Death atau Black Plaque adalah salah satu masa pandemi paling mematikan dalam sejarah dan membunuh minimal 75 juta orang sedunia di tahun 1400an).

Sekitar tahun 1400 sebuah gereja Gothic dibangun di pusat pekuburan dengan pelataran atas berbentuk kubah dan kapel di lantai bawah yang dipakai selama masa pembangunan sebagai tempat dikumpulkannya tulang belulang dari kuburan masal atau lebih tepatnya tempat penyimpanan untuk memberi tempat bagi kuburan-kuburuan baru.

Setelah tahun 1511 tugas menggali kerangka dan menyusun tulang belulang di kapel tersebut, menurut legenda, diberikan kepada seorang rahib yang hampir buta dari ordo tersebut.

Cek 16 tempat berhantu lainnya:

1. Rumah Whaley

2. Perkebunan Myrtles

3. Penjara Eastern State

4. The Queen Mary

5. Rumah Sakit Jiwa Waverly Hills

6. Menara London

7. Raynham Hall

8. Gedung Putih

9. Katakombe di Paris, Perancis

10. Kota Hantu New Orleans, Lousiana, U.S.

11. Pekuburan Sedlec, Czech Republic

12. Ruangan Bawah Tanah di Edinburgh, Skotlandia

13. Kolosium, Roma, Itali

14. Walachia, Transylvania, Land of Dracul, Romania

15. Kamp Konsentrasi Auschwitz-Birkenau, Oswiecim, Polandia

16. Whitechapel/ Spittalfields, London East End, London, Inggris

17. Unit 731 Kamp Eksperimen, Harbin, Manchuria, Cina