17 Tempat angker di dunia yang populer sebagai destinasi wisata

Ruangan Bawah Tanah di Edinburgh, Skotlandia: Lokasi wisata berhantu terkenal ke-12

Ruang bawah tanah Eidenburg - Tempat berhantu paling populer sebagai destinasi wisata
Ruang bawah tanah Eidenburg – Tempat berhantu paling populer sebagai destinasi wisata

Jauh di bawah jalan-jalan Kota Edinburgh yang sibuk terdapat sebuah sejarah yang gelap dan terlupakan. Ditemukan di pertengahan tahun 1980an, ruangan-ruangan bawah tanah Edinburgh (Edinburgh Vaults) telah diabaikan selama hampir 200 tahun.

Terletak di bawah South Bridge, sebuah jalan utama di Edinburgh, ruangan-ruangan bawah tanah tersebut dulunya digunakan sebagai gudang bawah tanah, ruang kerja dan bahkan tempat tinggal bagi orang-orang yang membuka usahanya di jembatan di atasnya.


Ditinggalkan segera setelah dibangun karena banyaknya air dan kelembaban, ruangan-ruangan bawah tanah tersebut tetap tidak berubah dari bentuk aslinya dan tidak pernah tersentuh cahaya matahari.

Tempat tersebut dikabarkan sangat berhantu dan banyak pengunjung yang mengaku diserang oleh sesuatu yang tidak terlihat dan keluar dengan memar, luka-luka dan bekas cakaran.

Banyak pula yang dipukul hingga tak sadarkan diri dan mengalami rasa sakit yang sangat parah, mual-mual dan muntah-muntah.

Biarpun ruangan-ruangan bawah tanah tersebut ditinggalkan karena atmosfer yang dianggap tidak baik bagi kesehatan tapi tempat tersebut masih dipakai oleh orang-orang miskin dan pengemis.

Banyaknya orang yang sakit dan tidak sehat di tempat tersebut menyebabkan timbulnya wabah dan penyakit-penyakit mematikan lainnya, bahkan banyak orang yang berlindung di ruangan-ruangan tersebut akhirnya mati di sana.

Terbukti bahwa beberapa orang menemui ajal secara misterius di sana karena di ruangan bawah tanah tersebut pasangan jahat, Burke dan Hare, membangun usaha mereka dengan mensuplai mayat ke sekolah dokter terdekat di jalan Infirmary.

Kru dari serial Most Haunted dari Inggris belakangan ini mengunjungi ruangan bawah tanah Edinburgh dan tiada satu pun dari mereka yang bersedia kembali ke sana secara sukarela.

Cek 16 tempat berhantu lainnya:

1. Rumah Whaley

2. Perkebunan Myrtles

3. Penjara Eastern State

4. The Queen Mary

5. Rumah Sakit Jiwa Waverly Hills

6. Menara London

7. Raynham Hall

8. Gedung Putih

9. Katakombe di Paris, Perancis

10. Kota Hantu New Orleans, Lousiana, U.S.

11. Pekuburan Sedlec, Czech Republic

12. Ruangan Bawah Tanah di Edinburgh, Skotlandia

13. Kolosium, Roma, Itali

14. Walachia, Transylvania, Land of Dracul, Romania

15. Kamp Konsentrasi Auschwitz-Birkenau, Oswiecim, Polandia

16. Whitechapel/ Spittalfields, London East End, London, Inggris

17. Unit 731 Kamp Eksperimen, Harbin, Manchuria, Cina