Cara memulai bisnis online di Facebook

Tips dan cara melakukan bisnis online di facebook. Kali ink kita akan membahas tentang bisnis online yang lebih spesifik setelah kemarin kita membahas cara memulai bisnis online secara umum. Sampai pada hari artikel ini dibuat facebook masih menjadi salah satu online media paling diminati terutama di Indonesia, karenanya berbisnis di facebook masih menjadi salah satu media yang banyak digunakan oleh para pebisnis online. Lalu apa sajakah yang perlu dilakukan oleh seorang pemula dalam berbisnis online di facebook? Berikut beberapa tips untuk memulai bisnis online lewat facebook :

Perbanyak teman
Langkah awal untuk memulai bisnis online di facebook yaitu dengan memperbanyak teman, tentu saja tujuannya yaitu untuk mempromosikan produk atau jasa yang kita jual ke lebih banyak orang.

Produk unik
Carilah produk atau jasa yang tidak banyak ditawarkan orang, karena jika produk yang Anda tawarkan telah banyak yang menjual, Anda akan kesulitan bersaing dengan penjual yang telah berpengalaman dan telah mempunyai nama.

Buatlah tampilan semenarik mungkin. Di bisnis online para pembeli hanya dapat melihat produk lewat gambar-gambar atau foto yang diberikan, untuk itu tampilkanlah setiap gambar semenarik mungkin, bila perlu gunakan model untuk menarik minat para pembeli. Buat pula tulisan-tulisan yang mampu mebuat orang yang melihat tertarik terhadap apa yang Anda tawarkan.

Bangun fanspage dan grup
Membangun fanspage sangat penting, dengan memiliki fanspage atau grup kita bisa menggiring pelanggan atau orang-orang yang mungkin menyukai produk Anda ke sebuah komunitas. Selain itu dengan memiliki fanspage jumlah anggotanya tidak terbatas berbeda dengan jumlah teman yang hanya dibatasi 500 teman. Jangan lupa unntuk mempromosikan fanspage atau grup Anda ke fanspage milik orang lain yang memiliki pembahasan atau tema yang sama untuk menjaring lebih banyak liker dan anggota.

Kumpulkan data pelanggan
Kumpulkan data pelanggan sebanyak-banyaknya. Carilah orang-orang yang akan tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan, tujuannya agar setiap Anda menawarkan sebuah produk, penawaran Anda tidak dianggap sampah. Akan sangat percuma jika kita menawarkan sesuatu ke orang-orang yang tidak membutuhkan produk kita. Selain itu mempromosikan atau menawarkan produk dan jasa ke orang yang tidak tepat akan membuat penawaran Anda seperti spam.

Promosi secara berkala
Lakukan promosi secara berkala, misalnya 3 hari sekali di fanspage, 2 hari sekali di grup, sehari 2 kali promosi di fanspage atau grup lain, dsb. Lakukan secara wajar agar promosi tidak dianggap spam atau berleihan.

Analisis
Selalu lakukan analisis atau pembukuan agar kita dapat mengetahui promosi mana yang tepat dan paling menghasilkan. Tingkatkan promosi di market/tempat yang tepat dan tinggalkan promosi di tempat atau area-area yang tidak menghasilkan. Ini adalah hal terpenting dari setiap bisnis, begitu pun dengan bisnis online, catat semua pengeluaran, tempat promosi, penghasilan, dll kemudian lakukan analalisa terhadap apa yang sudah dan akan terjadi.

Iklan (jika diperlukan)
Di facebook ada layanan “facebook ads”, baca selengkapnya di: Google adword atau facebook ads
Facebook ads adalah layanan periklanan milik facebook, dimana kita bisa memasang iklan di facebook dengan biaya sesuasi budget kita. Lakukan hal ini jika memang Anda ingin menghasilkan profit lebih.

Jasa promosi (jika diperlukan)
Sekarang telah banyak jasa promosi facebook, misalnya jasa agar fanspage Anda memiliki banyak liker atau agar grup facebook lebih bayak anggota. Dengan menggunakan jasa seperti ini akan meningkatkan kemungkinan penghasilan lebih tinggi.

Itulah tips-tips berbisnis online lewat facebook. Tips selanjutnya akan dibahas dalam artikel selanjutnya, kunjungi blog ini secara berkala atau baca artikel lainnya untuk mendapatkan tips-tipa menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *