Cara mendaftarkan situs web atau blog ke Google News (google berita)

Sebelumnya, pastikan ada telah mengerti dengan maksud dari artikel ini, artikel ini menjelaskan cara agar blog atau web terdaftar di google berita, bukan cara agar blog muncul dipencarian google secara umum. Untuk mengetahui cara agar blog muncul dipencarian google silahkan klik link berikut : Agar blog terindeks google.

Cara mendaftarkan situs web atau blog ke google news baru saya ketahui setelah ada seorang pengunjung blog ini bertanya tentang cara submit berita ke google news. Sebelumnya saya tidak pernah mensubmit berita ke google news karena memang blog saya tidak bersifat berita, namun untuk menjawab pertanyaan pengunjung blog akhirnya saya mencari beberapa sumber termasuk google help. Berikut hasil pengamatan dan penulusuran saya tentang cara mendaftarkan berita ke google news.

Mendaftarkan situs web atau blog ke google news, harus mendapatkan approve dari tim google. Tidak sembarangan berita dari sebuah situs dapat terdaftar di google news. Google juga memprioritaskan berita dari situs yang terdaftar di google news untuk ditampilkan di hasil penulusuran google web, tidak heran hingga akhirnya banyak pemilik situs ingin mendaftarkan situs mereka di google news. Dengan terdaftar di google news situs web atau blog akan memiliki banyak pengunjung dari penelusuran google.

Untuk mendaftarkan situs web atau blog di google news silahkan klik link berikut :
https://support.google.com/news/publisher/answer/40787?rd=1#ts=3179198
Silahkan ajukan permohonan Anda dengan mengisi formulir yang diberikan. Situs web kemudian akan di review untuk menentukan layak atau tidaknya tampil di google news.

Dari hasil pengamatan saya terhadap beberapa situs yang telah terdaftar di google news seperti detik.com, viva.co.id, kompas.co, dll, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat di approve oleh google berita (google news) berikut diantaranya :

1. Konten bersifat berita (konten dapat berupa artikel, video atau gambar).
2. Artikel unik dan original.
3. Penulis memiliki otoritas.
4. Konten bersifat terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan.
5. Update setiap hari.
6. (optional) Situs memiliki lebih dari seorang penulis.
7. (optional) Situs memiliki pencari berita sendiri atau wartawan.
8. Menyertakan data/biografi penulis (redaksi).
9. Situs harus memiliki kebijakan privacy, halaman tentang situs, halaman kontak, alamat kantor (jika ada).
10. Perhatikan juga masalah teknik seperti :
a. Server situs web tidak sering down.
b. Dapat menampung banyak pengunjung (unlimited bandwidth).
c. Situs web mudah dinavigasi.
d. Url bersifat permanent.
e. Situs terbuka untuk dirayapi bot google news.
f. Memiliki sitemap.

Itulah cara mendaftarkan situs web atau di google news (google berita). Silahkan daftarkan segera situs web Anda jika memang memiliki niche news. Persaingan situs di google news tidak sebanyak di google web, sehingga kemungkinan situs web Anda dikunjungi oleh banyak orang lebih besar. Tentang cara lebih lanjut untuk mendaftarkan konten (web atau blog) ke google berita silahkan baca di http://support.google.com/news/publisher/?hl=en. Terima kasih telah membaca artikel cara submit berita ke google news

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *