Konser Gitar “Jakarta Enam Senar” Pukau Penonton

Pantomimer Septian Dwi Cahyo beraksi saat tampil bersama Ensembel gitar yang tergabung dalam Jakarta Enam Senar (JES) di Gedung Kesenian Jakarta, Jakpus, Rabu (30/4) malam.

AENGAENG.COM – Konser Gitar Akustik “Jakarta Enam Senar (JES)” oleh puluhan mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ), di Gedung Kesenian Jakarta, Jumat malam, memukau ratusan penonton yang hadir pada acara tersebut.

Alunan suara petikan gitar apik dengan sejumlah lagu klasik dari dalam dan luar negeri mendapatkan “aplaus” tepukan para peonoton dan mengingatkan kembali akan karya lagu yang bernilai rasa seni tinggi dan tidak lekang di makan zaman.

Sejumlah lagu ditampikan pada konser dengan Conductor Hery Budiawan itu antara lain Jali-Jali (dariBetwai), Pileuleuyan (Jabar), Kereta Apiku (karya Ibu Sud), Naik Delman (Pak Kasur), Halo-Jalo Bandung (Ismail Marzuki), Cordoba dan Sevilla (Isaac Albeniz), Divertimento (Iwan Tanzil), Trio (Filippo Gragnani), Cuban Landscape With Rain (Leo Brouwer), dan Leyenda de Espana (Agustin Barrios Mangore).

Manajer promosi acara tersebut Dra Rien Safrina, MA mengatakan, konser gitar JES merupakan wujud Program Outreach UNJ dalam I-MHERE (Indonesia Managing Higher Education Relevance and Efficiency) agar para mahasiswa khusususnya FBS-UNJ mampu meningkatkan keterampilan tidak hanya di dalam kampus, tetapi mendapatkan apresiasi dan pengakuan masyarakat.

“Mahasiswa FBS-UNJ Jurusan Seni Musik yang terdiri atas vokal, piano, gitar, violin, flute diharapkan menguasai ilmu dan praktiknya, sehingga kelak mereka menjadi sarjana pendidikan yang mampu sebagai pendidik secara optimal,” kata Rien yag juga menjabat Pembantu Dekan III FBS-UNJ itu

Program Outreach UNJ yang dimulai 2007 tidak hanya pergelaran seni musik, tapi mengahdirkan seminar dan diskusi ilmiah, pameran pendidikan agar para mahasiswa tidak hanya mampu dalam bidang akademik, tapi memiliki keterampilan sesuai bidang ilmunya di masyarakat.

Sementara itu, Rektor UNJ Prof Dr Bedjo Sujanto, MPd dalam sambutan tertulisnya mengatakan, Konser JES merupakan salah satu kegiatan bermusik oleh para mahasiswa yang kreatif dari Jurusan Seni Musik untuk membawa beragam karya musisi nasional dan internasional kepada masyarakat.

“JES sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler telah membuktikan kepada para mahasiswa bahwa dengan kerja keras dan disiplin yang tinggi, dapat menghasilkan suatu kegiatan musik yang bermutu yang dapat dinikmati oleh banyak orang dan menjadi bagian promosi UNJ,” kata rektor yang juga dihadiri Dekan FBS-UNJ Dr Ilza Mayuni, MA dan Ketua Jurusan Seni Musik Dra Dian Herdiati.