Museum Gunung Merapi: Menyusuri Jejak Panjang Merapi

wonderfull Indonesia100Wisata Museum Gunung Merapi: Menyusuri Jejak Panjang Merapi. Artikel ini memberikan gambaran umum obyek wisata Museum Gunung Merapi, Yogyakarta, hotel dan penginapan terdekat, daya tarik utama untuk wisatawan yang terkenal di lokasi wisata itu, tempat belanja, tempat kuliner, tips perjalanan selama berada di Yogyakarta umumnya dan di obyek wisata Museum Gunung Merapi pada khususnya.

Merapi: Menyimak Jejak Panjang Merapi
Foto Arief/Tovablogspot

Mendengar nama Museum Gunung Merapi pastinya pikiran Anda akan merujuk pada Gunung Merapi. Memang museum ini dibangun untuk mengingat dan mengenal lebih jauh seluk beluk Gunung Merapi dan bencana yang ditimbulkannya. Museum Gunung Merapi terletak di lereng Gunung Merapi tepatnya di Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman.

Merapi: Menyimak Jejak Panjang Merapi
Foto: Yogyakartapanduanwisata

Museum ini memiliki slogan “Merapi Jendela Bumi” dan bangunannya memiliki arsitektur modern dan di atasnya berbentuk tugu Jogja. Museum ini dikelilingi pemandangan hijau dari pepohonan yang tumbuh di sekelilingya. Bangunannya memiliki luas 4.470 meter persegi dan berlatai dua. Museum ini terbilang unik karena lantai museum ini memiliki gambar jejak kaki berwarna biru yang akan mengantarkan Anda berkeliling museum.

Merapi: Menyimak Jejak Panjang Merapi
Foto: Wikipedia

Ada banyak koleksi di Museum Gunung Merapi yang dapat Anda lihat. Ada alat-alat untuk proses pemantauan aktivitas gunung berapi dan berbagai macam batuan yang dibawa oleh letusan Merapi, salah satunya adalah batuan pijar berdiameter 65 mm lebih. Tersimpan juga peralatan masak warga yang rusak terkena erupsi seperti wajan, panci, piring dan alat masak lainnya. Sebuah kerangka sepeda motor milik warga yang tewas di bungker Kaliadem pada 14 Juni 2006 juga terpajang di museum ini.

Museum Gunung Merapi diresmikan Kepala Badan Geologi Departemen Energi dan Sumber Daa Mineral R. Syukar pada 1 Oktober 2009 dan sejak saat itu dibuka untuk umum. Tiket masuk museum ini Rp3.000,-.

Kehadiran museum yang berdiri dilahan seluas sekitar 3,5 hektar ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan pelajar untuk mengetahui informasi lengkap mengenai Gunung Merapi. Tidak hanya itu saja museum ini juga sangat berguna bagi mereka yang ingin melakukan penelitian mengenai Gunung Merapi.

Kini berkunjung ke Museum Gunung Merapi sudah menjadi jadwal wajib ketika berkunjung ke Yoyakarta atau Gunung Merapi. Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, di museum ini Anda dapat mengetahui informasi mengenai perjalanan panjang Gunung Merapi.

Ketika memasuki lantai pertama, Anda akan disambut sebuah replika Gunung Merapi yang terus-menerus mengeluarkan asap dan magma dengan suara bergemuruh. Replika Gunung Merapi ini juga menyimpan informasi mengenai kronologis letusan gunung ini dari tahun 1969, 1994, 2006 dan 2010. Untuk mendapatkan infomasi ini, Anda hanya perlu menekan tombol yang ada di dekat replika tersebut.

Di lantai satu terdapat beberapa zona yaitu Volcano World. Di zona ini Anda akan menyaksikan foto-foto dan alat peraga tentang fenomena gunung api di seluruh dunia dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Kemudian Zona Gunung Api, di zona ini, Anda akan disuguhkan informasi lengkap tentang Gunung Merapi, mulai dari fenomena kubah Gunung Merapi, mitos, pos pengamatan dari masa Hindia Belanda sampai saat ini.

Di zona ini juga Anda akan diberikan informasi tentang bagaimana menyelamatkan diri saat letusan gunung api. Sedangkan lantai dua gedung ini dipergunakan sebagai studio pemutaran film tentang Gunung Merapi. Menyusuri setiap zona dan lantai museum ini membuat Anda seolah-olah berada atau sedang mendaki kawasan Gunung Merapi. Berkunjung dan belajar mengenai Gunung Merapi merupakan pengalaman yang berharga dan menarik.

 

Transportasi

Penerbangan ke Yogyakarta tersedia setiap hari dari Jakarta, Surabaya, dan Denpasar. Selain udara, transportasi darat juga ada dan tersedia dari berbagai kota besar di Pulau Jawa. Museum Gunung Merapi bisa ditempuh sekira 30 menit dari Yogyakarta dengan berkendara.

Akomodasi

Di sekitar Museum Gunung Merapi tidak terdapat hotel dan penginapan, biasanya wisatawan menginap di Kaliurang atau Yogyakarta. Kedua kota ini hanya berjarak sekira 30-45 menit.

The Cangkringan Jogja Villas & Spa
Jl. Raya Merapi Golf, Desa Umbulharjo, Cangkringan
Telp: +62-274- 898180

The Riverside Jogja
Jl. Pakem, Turi, dusun Kalireso, Desa Candibinangun,
Sleman Yogyakarta
Telp: +62 812 109 3775
Fax: +62 274 514015

Sambi Resort, Spa, and Resto
Jl. Kaliurang km 19.2 Desa Wisata Sambi Sleman, Yogyakarta
Telp: (0274) 447 8777; 447 8666

Arjuna Hotel
Jl. Mangkubumi No. 44, Yogyakarta
Telp: +62 274 513063
Fax: +62 274 561862

Pura Jenggala Hotel
Jl. Demangan Baru No. 13
Telp: +62 274 564509

Desa Puri Hotel
Jl. Gedong Kuning No. 118
Telp: +62 274 375192

Sri Wedari Hotel & Cottage Yogyakarta
Jl. Laksda Adisucipto, KM 6
Telp: +62 274 588288

Jogokaryan Hotel
Jl. Jogokaryan No. 64
Telp: +62 274 375626

Hotel Matahari
Jl. Parangtritis 123 Yogyakarta
Telp: +62 274 372020
Fax: +62 274 372737

Hotel Yogya Plassa
Jl. Tribata No. 1A (Jl. Urip Sumoharjo) Yogyakarta
Telp: +62 274 541482|+62 274 580833
Fax: +62 274 520529

Berbelanja

Berbagai macam oleh-oleh pastinya mudah ditemukan di Yogyakarta seperti batik, kerajinan perak, tembikar, juga wayang. Makanan seperti bakpia bisa Anda temukan di Jalan Malioboro, Pasar Beringharjo dan Kota Gede untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Jika Anda menginap di Kaliurang maka dapat membeli buah-buahan atau makanan khas daerah seperti tempe dan tahu bacem. Cicipi juga jadah, yaitu makanan yang terbuat dari beras ketan dan parutan kelapa.

Kuliner

Gudeg adalah salah satu makanan andalan Jogjakarta. Makanan ini dibuat dari nangka muda dengan bumbu tradisional, kadang- kadang dengan telur dan ayam. Kulit sapi, dimasak sampai empuk biasanya di makan bersama dengan gudeg dan nasi. Kebanyakan restoran di Jogjakarta menjual makanan ini.

Kesuma Restaurant
Telp +62 274 824 5027
Gang Sartono – Jalan Parangtritis (Opposite side Market Prawirotaman)
MJ III – 827, Yogyakarta, Indonesia 55143

Djogja Kafe
Jalan Kyai Mojo 57

Omah Dhuwur
Jalan Mondorakan 252, Kota Gede

Restoran Mbok Berek
Jalan Kaliurang Km 16 Pakem

Restoran Moro Seneng
Jalan Solo 55

Gadjah Wong Garden Restaurant
Jalan Gejayan Po Box 111 YKBS Yogyakarta
Telp. +62 274 588294

Inilah salah satu restoran terbaik sekaligus elegan di Yogyakarta. Menyajikan musik tradisional, jazz, dan lainnya yang ditempatkan di tiga sudut berbeda secara bersamaan dan menemani pengunjungnya hingga selesai menyantap kuliner lezat.

Gadjah Wong adalah restoran yang cukup lengkap memadukan ragam kuliner Eropa hingga Asia. Beberapa diantaranya merupakan racikan terbaik koki di Yogyakarta. Pastikan Anda mencicipi Grillied duck nasi kuning yang menjadi andalannya bersama Australian sirloin. Sebelumnya lidah Anda dapat dimanjakan gadjah wong salad yang nikmat.

Wonderfull Indonesia