Agar blog tidak bisa dicopas

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara agar blog tidak di copy paste. Sangat menyebalkan memang ketika kita membuat sebuah konten orisinil hasil tulisan sendiri, kemudian ada orang lain yang melakukan copy paste terhadap konten milik kita, sehingga konten tersebut tidak menjadi unik lagi. Sementara search engine seperti google sangat menyukai konten unik, supaya konten tersebut bisa muncul dihasil telusur google.

Jika Anda yakin kalau semua isi dalam blog atau situs kita merupakan buatan kita sendiri termasuk gambar, artikel,video, dan sebagainya, cara terbaik adalah dengan mendaftarkan situs kita ke myfreecopyright.com dan juga mendaftarkan situs ke DMCA. Dengan seperti ini Anda mengklaim kalau semua isi konten dalam situs Anda adalah konten original dan Anda memiliki hak penuh atas pempublikasian konten tersebut.

Namun ada cara yang lebih simple untuk menghindari agar blog tidak bisa di copy paste, yaitu dengan cara melakukan disable (penonaktifan) klik kanan pada mouse saat seseorang mengunjungi situs kita. Masukan script berikut ke bagian heading situs anda, pastikan script disimpan sebelum tag </head>, berikut scriptnya.

if (typeof document.onselectstart!="undefined") {
document.onselectstart=new Function ("return false");
}
else{
document.onmousedown=new Function ("return false");
document.onmouseup=new Function ("return true");
}

Kita bisa menenpatkan kode tersebut dengan cara mengedit template atau theme dan pastikan script disimpan sebelum tag </head>
Dengan menggunakan script tersebut pengunjung blog tidak akan mampu mengklik kanan pada mouse (tombol mouse sebelah kanan tidak akan berfungsi).

Namun script tersebut tidak sepenuhnya menjaga dari pencurian konten, pada beberapa browser script tersebut tidak berfungsi, terlebih jika pengunjung blog menggunakan perangkat mobile seperti handphone, karena memang handphone tidak menggunakan mouse.

Ada cara lain untuk melindungi konten dalam blog atau web kita, yaitu dengan menggunakan layanan dari tynt.com, dengan menggunakan layanan dari tynt.com pengunjung yang melakukan copy terhadap artikel di blog kemudian melakukan paste di blog miliknya maka akan secara otomatis muncul link menuju konten milik kita (link menuju artikel sumber).

Cara menggunakan layanan dari tynt.com

1. Kunjungi Tynt.com kemudian klik tombol Start here. It’s free!

2. Lakukan registrasi dengan mengisi semua kolom yang diminta. Kemudian klik submit.

3. Lalu klik tombol customize untuk mengkostumisasi script. klik tombol Customize Attribution, pada kotak prefix ganti tulisan
– Read more dengan tulisan lainnya jika blog kamu berbahasa indonesia, misalnya ganri dengan kata, sumber, artikel berasal, baca selengkapnya di, dsb.
– Klik tulisan Advance Settings,
– Link, pilih mana yang akan ditampilkan di situs yang nantinya mengcopy artikel kita, pilih url jika hanya ingin menampilkan url saja, pilih page title jika ingin menampilkan judul artikel atau pilih url dan title untuk menampilkan url dan title.
– Use Canonical URL, pilih pada bagian ino untuk menghindari duplikat konten di situs kita.
– Placement pilih above the copied text jika ingin menampilkan tulisan sumber sebelum artikel yang dicopy atau pilih below the copied text untuk menampilkan link sumber setelah artikel.
– Add attribution link when, ini pilihan untuk setelah berapa jumlah kata link akan ditampilkan. Misalnya jika diisi denan angka 8 maka setiap ada orang mengcopy artikel Anda lebih dari 8 kata maka link sumber akan otomatis muncul di artikel tersebut direkomendasikan menggunakan 8 words or more are copied.
– Lalu klik tombol save, untuk menyimpan settingan.
tmp_cara-agar-blog-tidak-di-copy-paste

4. Klik tombol next lalu copy script dari tynt.

5. Simpan script tynt dibagian heading template atau theme situs web atau blog. simpan sebelum tag/tanda </head>

6. Apabila script telah selesai disimpan, kembali lagi ke tynt.com lalu tekan tombol next, lalu tekan tombol test my script. Jika berhasil akan muncul pemberitahuan “Your Script has been successfully Instaled!” lalu tekan tombol Finish.
tmp_cara-menggunakan-tynt.com

Untuk menguji apakah script bekerja atau tidak bisa dengan membuka web atau blog Anda kemudian copy artikel di blog dan paste pada notepad atau blog lainnya, maka akan secara otomatis link sumber atau link menuju artikel Anda akan muncul.

itulah beberapa cara untuk meminimalisir pencurian konten di blog, baca artikel lain di blog aengaeng.com untuk mendaparkan artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *