Cara setting domain Namecheap ke blogspot custom domain

Custom domain blogspot menggunakan domain dari namecheap akan dibahas dalam artikel ini setelah beberapa waktu lalu membahas tentang tips memilih domain dan tempat pembelian domain terbaik. Kegunaan custom domain di blogspot adalah untuk merubah domain atau alamat blog, misalnya dari alamat bloganda.blogspot.com menjadi www.domainanda.com. Domain dapat disewa di resgitar atau reseller domain, harga domain bervariasi namun untuk domain .com rata-rata dijual sekitar 10 dollar atau 100ribu rupiah untuk batas waktu 1 tahun.

Cara setting domain namecheap ke blogspot sengaja saya bahas paling awal karena pengguna domain di namecheap sangatlah banyak, harga domain di namecheap murah-murah dan bisa dibayar menggunakan paypal yang belum diverifikasi selain itu Cpanel domainNya mudah di operasikan. Langsung saja berikut cara setting custom domain di blogspot menggunakan domain di namecheap :

1. Silahkan login di namecheap, bagi yang belum punya akun namecheap dan belum membeli domain silahkan klik disini, kemudian langsung klik tulisan sign up.

2. Setelah login, letakan cursor pada tulisan domain lalu pada bagian my account klik manage domain (pada menu drop down). Setelah nama domain ditampilkan klik nama domain yang akan disetting.

3. Klik all host record, pada bagian sebelah kiri halaman. Perhatikan gambar klik gambar untuk meperbesar :
1eccc-all-host-domain-namecheap1
Catatan (hanya untuk yang pernah merubah name server domain) : jika tulisan all host record tidak muncul klik dahulu “transfer DNS back to us” untuk mengembalikan settingan domain server ke namecheap.

4. Dihalaman ini kita akan membuat setting,
– Pada bagian @ maasukan nama domain sertakan juga http:// misalnya http://www.domainanda.com, pada option record type pilih URL redirect.
– Pada bagian www, isi dengan ghs.google.com, record typeNya pilih CNAME.
Scroll ke bagian bawah. Sekarang kita aka memasukan IP address milik google agar saat alamat blog diakses tanpa menggunakan www. blog akan berjalan dengan baik.
– Masukan Ip address berikut pada bagian subdomain setting :
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
Lihat gambar untuk memperjelas, klik gambar untuk memperbesar :
42cc7-setting-domain-namecheap-ke-blogspot1
Jika sudah klik save dibagian bawah halaman

5. Silahkan login ke blogger.com, pilih Setting » basic. Lihat bagian Penerbitan (publishing). Klik tambah custom domain
a39a0-tambah-domain-blogspot (1)

6. Kemudian masukan nama domain ke kolom yang telah disediakan menggunakan www, misalnya www.domainanda.com. Jangan lupa untuk klik atau centang box alihkan domainanda.com ke www.domainanda.com. Perhatikan gambar berikut, klik untuk memperbesar :
00c72-blogger-custom-domain (1)
Masukan verifikasi kata (jika diminta) kemudian klik simpan setelan dibagian bawah.

Custom domain blogspot ke domain di namecheap selesai, sekarang tinggal tunggu agar domain bisa diakses, biasanya akan memakan maksimal waktu sampai 2 hari. Itulah cara setting custom domain di blogspot, untuk settingan dan tips lainnya tentang blospot bisa dicari pada menu list artikel di blog ini. Terima kasih telah membaca cara setting domain namecheap ke blogspot.