Kirab Joyotoko Warnai Pelantikan Laskar Adiwiyata Muda

Menarik yang dikakuan warga kampung RW 4 Joyotakan, dalam rangka membentuk Laskar Adiwiyata, yakni laskar yang peduli terhadap lingkungan, sampah dan menulis, warga menggelar sejumlah acara. Mulai dari bazar masyarakat kampung, kirab Joyotoko, hingga fashion show pakaian yang dibuat dari sampah daur ulang.

Rangkaian acara tersebut sengaja dikemas sebagai puncak dari dibentuknya Laskar Adiwiyata balita, Laskar Adiwiyata lansia dan Laskar Adiwiyata pemuda. Keberadaan laskar-laskar inilah yang akan mengupayakan untuk membentuk spirit masyarakat kampung untuk lebih peduli terhadap sampah, lingkungan dan mau menulis tentang isu-isu tersebut.


Yulia Damayanti, Koordinator Rumah Menulis Kebeg Yoni, selaku penggagas Laskar Adiwiyata mengatakan kampung tersebut menjadi salah satu kampung percontohan dimana mampu membentuk laskar-laskar peduli sampah dan lingkungan serta menulis dari beragam usia. Dengan mengemas acara kepedulian terhadap lingkungan melalui seni dan budaya pihaknya berharap kedepan hal ini dapat membangkitkan semangat kampung lainnya untuk melakukan hal yang serupa.