Kreatiflah maka semakin dalam hikmah bisa kita petik: Renungan untuk sahabat wanita

Musim berganti, gerimis berganti, masa berganti, hari juga berganti. Demikian juga dengan kenyataan dalam hidup, semuanya berganti, dari sedih menjadi bahagia, dan tentu saja kisah yang sebaliknya tentu sudah pernah Anda rasakan pula. Untuk Anda yang kini sedang dalam duka, atau mungkin untuk Anda yang masih menyimpan perih dari masa lalu, ingatlah ini. Kebahagiaan itu tidak nyata, Anda tak bisa menyentuhnya, Anda tidak dapat mengukurnya, Anda tidak bisa memasukkannya ke dalam kotak dan menyimpannya di tempat yang aman.

inspirasi untuk kaum hawaKarena kebahagiaan adalah konsep, ciptaan pikiran, kebahagiaan adalah sesuatu yang diciptakan. Kebahagiaan terserah siapapun orangnya, kebahagiaan adalah pengalaman pribadi yang menjadi milik Anda sendiri. Kebalikan dari kebahagiaan adalah rasa sakit, luka, baik secara fisik maupun emosional. Pengalaman emosional yang menyakitkan memiliki sumber yang tiada pernah ada habisnya, beberapa orang mendapatkannya ketika masih masa kanak-kanak, dan beberapa menemuinya ketika sudah dewasa. Rasa sedih ini datang dalam berbagai bentuk maupun warna, ada beberapa yang meninggalkan luka dalam dan beberapa tidak lagi meninggalkan bekas sama sekali.


Tetapi semua luka itulah yang justru membentuk kita menjadi seseorang. Tergantung bagaimana Anda bereaksi dengan hal yang melukai Anda. Ketika pengalaman pahit menjemput Anda, kemudian Anda roboh dan tak mampu bergerak itulah yang disebut luka. Namun ketika Anda berhasil mengakui rasa sakit itu, kemudian merangkulnya, melakukan perlawanan untuk menjadi seseorang yang lebih baik, itulah yang disebut pengalaman. Ketika Anda tetap berjalan, meskipun tertatih Anda tetap berusaha bangkit dan menemukan cara untuk mendapatkan hal yang lebih baik lagi, kemudian Anda mendapatkannya, inilah yang disebut solusi. Dan dari rasa sakit itu Anda telah belajar bagaimana bertahan, bagaimana berjalan, dan bagaimana mengatasi masalah.

Rasa sakit ibaratnya bagian organik dalam kehidupan manusia dan tentu saja tidak mungkin bisa Anda hindari. Di sinilah kemudian bentuk kreativitas dari diri Anda akan memainkan peran penting. Anda tidak dapat menghindari pengalaman pahit, tetapi Anda dapat menciptakan kembali apa yang sudah terjadi pada Anda dan mengungkap maknanya. Semakin kreatif Anda, semakin banyak hal yang bisa Anda lakukan, semakin banyak makna yang bisa Anda dapatkan untuk hidup yang lebih baik.

Ladies, pelajaran yang diambil dari artisaway.com yang dilansir Vemale ini mengajarkan kita melihat bahwa penting untuk menghargai kenangan dan pengalaman yang indah karena mereka akan memberikan inspirasi kepada kita untuk terus berjalan. Namun juga penting untuk bersabahat dengan kenangan buruk, bersahabat dengan rasa sakit, karena mereka yang membantu kita untuk menemukan dan menentukan keindahan hidup, merekalah yang mengajari kita untuk menghargai kesempatan hidup yang diberikan Tuhan.