Perbedaan kartu kredit dan kartu debit

Setelah sebelumnya kita membahas tentang paypal (alat pembayaran online yang paling aman), kali ini kita akan membahas  tentang perbedaan kartu kredit dan kartu debit, yang keduanya bisa kita gunakan untuk memverifikasi atau membuat akun paypal. Lalu apa perbedaan mendasar dari kartu debit dan kredit? mari kita bahas!

1. Kartu debit lebih menyerupai
check, dimana uang langsung dikeluarkan dari rekening bank orang tersebut untuk membayar sebuah transaksi. Sedangkan pada kartu kredit, transaksi bisa dilakukan tanpa mengurangi uang dalam rekening (transaksi dapat dibayar dengan dana pinjaman dari bank) yang kemudian akan ditagih pada waktu-waktu tertentu, misalnya pada awal bulan. Oleh karena itu bisanya pemilik kartu kredit haruslah seseorang yang memiliki penghasilan tetap atau memiliki saham ataupun barang untuk dibuat jaminan kepada bank.

2. Keuntungan dari kartu kredit diantaranya, penggunaan uang lebih flexible, pemegang kartu kredit dapat melakukan pengeluaran lebih dari uang yang ada pada rekeningnya saat itu sehingga dapat melakukan transaksi pada saat rekening kosong sekalipun. Namun perlu diingat kartu kredit pun memiliki limit pengeluaran, pengeluaran dibatasi dalam jumlah tertentu.

3. Kartu kredit diterima lebih banyak di berbagai tempat dan negara, khususnya pada perdagangan online.

4. Kartu kredit memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dibanding kartu debit.

5. Pada bank tertentu biasanya kartu kredit memberikan cashback dan banyak memberikan penawaran seperti halnya bonus point, sedangkan kartu debit jarang melakukan penawaran.

6. Namun kartu debit lebih memberikan kenyaman digunakkan tanpa harus ketakutan ditagih hutang karena dana yang dilakukan sama halnya dengan check. Dengan memiliki kartu debit kita tidak perlu ribet membawa uang cash cukup hanya dengan membawa satu kartu.

walau memiliki banyak kelebihan ada juga beberapa kelemahan kartu kredit dibandingkan kartu debit misalnya, adanya biaya yang dikenakan kadang tersembunyi seperti biaya keterlambatan, biaya transaksi dan biaya tambahan lainnya, oleh karena itu pengguna kartu harus lebih jeli. Penipuan terhadap pengguna kartu kredit pun lebih tinggi dibandingkan dengan kartu debit. Kartu kredit bisa digunakan di mesin ATM, tetapi akan ada biaya tambahan disetiap penarikan dana.

Kerugian dari kartu debit yaitu, Keamanannya sangat minim dan orang lain dapat menggunakan kartu debit kita jika orang tersebut mengetahui PIN dari pemilik kartu.

Itulah sedikit tentang perbedaan antara kartu kredit dan kartu debit, pilihannya ada pada anda, apakah Anda lebih memilih kartu kredit atau debit?. Pilihlah yang benar-benar sesuai dengan kebutuhann anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *