Tips Sehat Makan Buah Durian

Tips Sehat Makan Buah Durian – Sejatinya, hampir tidak ada buah yang tidak boleh dimakan. Pasalnya setiap buah mengandung unsur gizi yang penting bagi tubuh. Namun buah-buahan dengan kadar gula yang tinggi diketahui dapat meningkatkan gula darah dengan cepat, sehingga ada konsekuensinya jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Tips Sehat Makan Buah Durian
Tips Sehat Makan Buah Durian

Buah durian mengandung sekitar 159 kkal persajian. Kandungan lemak yang tinggi, yakni sekitar 3,9 gram dan karbohidrat 28,6 gram bisa meningkatkan kadar gula darah dalam sekejap.

Menurut Dokter spesialis penyakit dalam Brigjen TNI Ariz Wibudi, diabetesi sebenarnya tidak perlu menghindari buah-buahan dengan kadar gula yang tinggi, misalnya durian, sawo, nangka, atau mangga. Namun tentu ada aturannya supaya konsumsi buah-buahan tersebut tidak secara cepat menaikan kadar gula darah dalam tubuh.
“Salah satu triknya yaitu dengan makan sayur yang banyak sebelum mengonsumsinya,” ujar Ariz dalam sebuah wawancara beberapa waktu lalu di Jakarta.
Prinsip konsumsi sayur yang banyak sebelum makan buah-buahan tingi gula yaitu karena kandungan serat dalam sayur dapat menghambat penyerapan gula. Karena gula dari buah diserap dengan lambat, maka tidak akan secara langsung menyebabkan fluktuasi gula darah.
Selain itu, Ariz juga menyoroti jumlah buah yang dikonsumsi. Menurutnya, buah-buahan dengan kadar gula tinggi sebaiknya tidak dikonsumsi diabetesi secara berlebihan. Satu atau dua potong buah saja sudah cukup. Untuk mendapatkan manfaat dari buah, maka diabetesi bisa memilih buah dengan kadar gula rendah, seperti semangka, melon, atau alpukat.
Hal lain yang perlu diperhatikan, lanjut dia, adalah cara mengonsumsi buahnya. Ia menegaskan supaya diabetesi menghindari mengonsumsi buah tinggi gula dengan cara dijus.
“Buah yang diblender itu sudah rusak enzim dan mineral, dan antioksidannya. Sehingga lebih baik dimakan langsung supaya unsur-unsur itu tidak rusak,” terang dia.
Cara lain yang juga sebaiknya dihindari adalah dengan hanya mengambil saripati dari buah atau diproses dengan juicer. Cara tersebut akan menghilangkan serat dari buah, unsur penting yang perlu didapat dari buah.
“Dan bayangkan saja, untuk mendapatkan satu gelas saripati buah, berapa banyak buah yang diperlukan? Dengan mengonsumsinya sama saja kita makan banyak sekali buah dalam satu waktu. Seolah-olah kalorinya sedikit, tapi kadar gulanya sangat tinggi. Itu akan meningkatkan gula darah dengan cepat,” tutur Ariz.
Itulah info tentang “Tips Sehat Makan Buah Durian” semoga bermanfaat.