Berburu pakaian murah di Pasar Klitikan Notoharjo

Pasar Klitikan Notoharjo berada di Semanggi, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah dengan jarak tempuh kira-kira sekitar 15 menit perjalanan menuju tenggara dari pusat kota. Berbagai macam barang dagangan tersedia disini, salah satunya adalah pakaian bekas import dengan kualitas yang bagus dengan harga murah yang terletak di blok J pasar ini.

Pakaian bekas di Pasar Klithikan Notoharjo
Pakaian bekas di Pasar Klithikan Notoharjo

Memasuki blok J Pasar Klitikan Notoharjo, pemandangan pakaian bekas dengan segala bentuk dan ukuran, mulai dari kaos, kemeja, celana panjang, hingga jaket berjajar rapi. Harga pakaian-pakaian disini  bervariasi mulai dari Rp 10.000 untuk kaos, Rp 25.000 – 75.000 untuk kemeja dan celana jeans, Rp 50.000 – Rp 100.000 untuk celana jeans. Harga yang ditawarkan penjual tergantung dengan kualita barang, pembeli harus pintar-pintar menawar untuk mendapatkan harga terbaik dari barang yang diinginkan.

Walaupun pakaian bekas, namun banyak pengunjung yang berminat untuk berburu pakaian bekas ini karena memang kualitasnya masih sangat baik. Apabila telaten memlilih dan pintar menawar, tak jarang banyak pakaian-pakaian merk terkenal bisa kita dapatkan dengan harga yang sangat murah.

Hampir seluruh pakaian bekas di Klitikan Notoharjo didatangkan dari Surabaya dan Bandung. Kebanyakan diantaranya hasil impor dari Asia Timur seperti Jepang dan Korea.  Dari Surabaya dan Bandung, para pedagang mengambil pakaian bekas yang sudah dibungkus per bal dengan berat sama yakni 100 kilogram. Harga kulakan itu pun bervariasi mulai dari Rp3.000.000 hingga Rp4.000.000 per bal tergantung kategori kualitas barang.

Pakaian bekas di Pasar Klithikan Notoharjo
Pakaian bekas di Pasar Klithikan Notoharjo

Berikut ada sedikit tips ketika berburu pakaian bekas:

1.Pakailah masker penutup hidung dan mulut.

2. Tawarlah setengah harga dari yang penjual tawarkan.

3. Teliti baik-baik barang yang akan di beli, karena tidak jarang banyak pakaian yang cacat fisik.

4. Setelah membeli pakaian, sebaiknya rendam dengan air panas hingga dua atau tiga untuk membersihkan pakaian.

Pakaian bekas di Pasar Klithikan Notoharjo
Pakaian bekas di Pasar Klithikan Notoharjo