Cara membuat related post tanpa plugin di wordpress

Membuat related post atau posting terkait diblog dirasa sangat penting, selain untuk mempermudah pengunjung dalam menjelajahi setiap artikel atau posting dalam blog, juga berguna agar spider (alat perayap mesin pencari) lebih mudah dalam merayapi seluruh isi blog, sehingga blog akan lebih bersahabat dengan mesin pencari.

Seperti dibahas pada artikel sebelumnya link building strategy menempatkan related post dalam blog juga salah satu cara dalam membangun link (inner page link) atau link dari halaman satu ke halaman lainnya, hal tersebut akan membuat kekuatan seo dalam sebuah halaman.

Untuk menambah teknik seo di blog wordpress juga agar mempermudah pengunjung dalam menjelajahi situs web atau blog di wordpress, berikut cara membuat related post atau artikel terkait di wordpress tanpa plugin. Pertama edit file single.php pada template atau theme, caranya dengan masuk dashboard wordpress » appearance » editor, kemudian cari file single.php. Kemudian paste kode atau script dibawah ini tepat dibawah kode <?php the_content(); ?>

<?php
$this_post = $post;
$category = get_the_category(); $category = $category[0]; $category = $category->cat_ID;
$posts = get_posts(‘numberposts=6&offset=0&orderby=post_dat e&order=DESC&category=’.$category);
$count = 0;
foreach ( $posts as $post ) {
if ( $post->ID == $this_post->ID || $count == 5) {
unset($posts[$count]);
}else{
$count ++;
}
}
?><?php if ( $posts ) : ?>

<?php endif // $posts ?>
<?php
$post = $this_post;
unset($this_post);
?>

Lihat tulisan berwarna biru dalam script, tulisan related post tersebut bisa Anda ganti sesuai keinginan seperti, artikel bersangkutan, artikel terkait, posting terkait, baca juga, artikel lainnya, dll. Sekedar catatan related post yang dibuat akan menampilkan related post berdasarkan category posting. Selamat mencoba membuat related post tanpa plugin di wordpress.

0 thoughts on “Cara membuat related post tanpa plugin di wordpress

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *