Legenda Sendang Banyu Biru

Warga masyarakat lokal menyebutnya dengan Sendang Banyu Biru. Sendang atau mata air ii memang sangat unik, boleh dikatakan aneh, karena airnya berwarna biru secara alami. Padahal, di sekitarnya juga terdapat perairan berupa tambak-tambak, namun hanya air di sendang Banyu Biru yang berwarna biru. Apa kisah di balik birunya air Banyu Biru?

Sendang Banyu Biru (rotorsingit72)
Sendang Banyu Biru (rotorsingit72)

Banyu Biru merupakan sendang alam yang ada di desa Lowayu, Gresik Jawa Timur. Sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah yang bisa menjelaskan asal warna biru air di Sendang Banyu Biru. Namun, jika kita mendekat di sendang tersebut akan tercium bau belerang yang cukup menyengat. Tapi sampai saat ini tidak ada penjelasan empiris mengenai kandungan mineral yang ada dalam air Banyu Biru.

Akan tetapi, berkembang cerita rakyat mengenai asal muasal warna biru di Banyu Biru. Sebelah barat sendang, terdapat pohon besar yang diyakini sebagai tempat tinggal penunggu Banyu Biru, warga menyebutnya dengan nama Mbah Banyu Biru. Karena keyakinan mistis inilah, warga sekitar selaluu memberi sesaji berupa kembang kenongo sebagai persembahan kepada Mbah Banyu biru. Bunga tersebut ditaruh di batu besar yang ada di sisi utara sendang. Penunggu senang inilah yang diyakini membuat warna air di Banyu Biru berwarna biru.

Sendang Banyu Biru (rotorsingit72)
Sendang Banyu Biru (rotorsingit72)

Cerita rakyat lain, pada zaman dulu air Sendang Biru berwarna bening layaknya air biasa. Sampai suatu ketika ada seorang puteri cantik mencuci selendangnya di sendang tersebut. Selendang puteri cantik hanyut sampai ke tengah danau. Rupanya itu perangkap dari naga penunggu sendang. Meski dengan sekuat tenaga sang puteri cantik berenang untuk mengambil selendang, ia tidak berhasil dan akhirnya tenggelam.

Kejadian itu diketahui oleh seorang pemuda desa yang kebetulan melintas. Pemuda itu kemudian berteriak meminta tolong kepada warga sekitar untuk menyelamatkan sang puteri cantik. Namun sayang, puteri cantik itu terlanjur tenggelam, warga yang melakukan pencarian gagal.

Sendang Banyu Biru (rotorsingit72)
Sendang Banyu Biru (rotorsingit72)

Tanpa diduga, selang beberpa hari, warga dikejutkan dengan perubahan warna air danau menjadi biru. Warga juga kaget karena menemukan kepala naga penunggu sendang tersebut sudah tergeletak di tepian sendang. Tanpa diketahui warga, pemuda desa itu sebenarnya seorang ksatria sakti yang berhasil membunuh Sang Naga.

Kini air Sendang Banyu Biru selain dijadikan pengairan para petani karena sumbernya yang besar, juga banyak dikunjungi warga untuk keperluan mandi. Mereka yakin airnya dapat mengobati berbagai penyakit kulit di antaranya gatal-gatal, gudik, koreng, biduren, kudis, kurap dan mempercepat kesembuahan anak yang baru khitan.