Melepas penat di Danau Lido

Danau Lido berada tak jauh dari ibukota Indonesia tercinta. Letaknya sangat strategis, berada di pinggir Jalan Raya Sukabumi, Desa Wates Jaya, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berjarak 65 kilometer dari Jakarta dan bisa ditempuh selama 1,5-2 jam perjalanan. Biasanya orang-orang yang dalam perjalanan Jakarta – Sukabumi dan sebaliknya akan mampir di danau ini.

Bermain perahu rakit di Danau Lido (panoramio)
Bermain perahu rakit di Danau Lido (panoramio)

Lokasi taman rekreasi yang memiliki total luas 1.700 hektar ini berada pada ketinggian 500 meter dpl dan diapit oleh Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango, dimana tampak hamparan dari berbagai jenis pepohonan hijau yang tumbuh dengan subur dan rindang disekitarnya, menjadikan pemandangan alam disekitar Taman Rekreasi Danau Lido semakin terasa sempurna.

Yang membuat danau ini sering dikunjungi adalah karena suasananya yang nyaman, pepohonan yang rimbun dan udara yang sejuk, tak jarang banyak orang menggelar tikar dan duduk lesehan di pinggir danau hanya untuk menikmati kesejukan dan ketenangan yang ada. Tiket masuknya pun cukup murah yaitu Rp 5.000/orang.

Warung terapung di Danau Lido (bosmobil)
Warung terapung di Danau Lido (bosmobil)

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di lokasi wisata ini seperti bermain speedboat, mengelilingi danau menggunakan perahu bebek, atau lebih keren lagi dengan menggunakan rakit. Bagi yang hobi memancing, ada tempat pemancingan ikan disisi utara danau. Danau Lido juga memiliki banyak tempat makan salah satunya adalah rumah makan terapung. (balibackpacker)