Tetap traveling meski puasa, ini tipsnya!

Bulan Ramadhan selalu di nantikan oleh umat Muslim, di bulan Ramadhan semua umat Muslim berpuasa, dan melakukan ibadah sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan pahala. Selain itu juga, puasa dari menahan hawa nafsu lapar dan haus dari pagi hingga petang.

Banyak orang yang menjadikan puasa sebagai alasan untuk tidak dapat melakukan travelling. Berikut adalah cara pintar agar kamu dapat tetap berpuasa sambil travelling!

(nazuragulfira.blogspot.com)
(nazuragulfira.blogspot.com)
  1. Perjalanan yang dapat mendukung puasa dan ibadah Ramadhan mu

Kamu bisa melakukan perjalanan spiritual, seperti pergi ke negara Arab, Turki, Palestina. Selain memberikan kamu pengalaman beribadah yang berbeda selain di tanah air, kamu juga bisa melakukan napak tilas perjalanan para Nabi dan sahabatnya.

Jika kamu tidak dapat pergi keluar negri, Indonesia juga memiliki kota Muslim! Aceh, Yogyakarta, atau bisa mengunjungi masjid-masjid dengan nilai sejarah penyebaran Islam. Agar kamu tetap fokus untuk beribadah dan tetap merasakan suasana Ramadhan, pilihlah tempat tinggal yang dekat dengan Masjid sehingga kamu tetap semangat untuk beribadah!

  1. Safe-Pack

Tenaga yang dimiliki seorang manusia ketika berpuasa dan tidak berpuasa sangatlah jauh berbeda. Maka, pikirlah dengan matang barang bawaan yang akan kamu bawa ketika ingin bepergian disaat berpuasa. Kemas barang dengan efisien mungkin.

  1. Jangan pernah lewatkan waktu Sahur dan minum Vitamin

Ketika kamu berpuasa seharian, kamu membutuhkan asupan makanan terlebih dahulu dengan Sahur. Jangan pernah lewatkan waktu sahur ketika kamu sedang bepergian. Perbanyak konsumsi air putih disaat sahur. Tidak lupa juga konsumsilah suplemen atau vitamin untuk menambah daya tahan tubuh ketika puasa

  1. Manfaatkan Gadget untuk beribadah.

Perkembangan teknologi semakin memudahkan kita untuk beraktifitas. Manfaatkan fasilitas ini untuk beribadah. Bagi para pengguna smartphone berbasis iOs atau Android, sudah banyak sekali aplikasi untuk mengaji, dan mengingatkan waktu shalat. Seperti Islamic Finder, iQuran. Jangan terus menerus menggunakan smartphone-mu untuk sekedar check-in Path atau upload foto di Instagram. Yuk, sesekali gunakan untuk beribadah!

  1. Respect

Ketika kamu bepergian disaat berpuasa, pasti ada orang disekitar kita yang tidak berpuasa. Bahkan, jika kamu sedang berjalan-jalan di pusat perbelanjaan kamu akan menemukan banyak toko makanan yang masih buka. Disinilah waktu dimana kamu harus menghargai mereka yang tidak berpuasa.  Maka, kamulah yang harus mempunyai rasa tanggung jawab, dan respect terhadap mereka yang tidak berpuasa. (dreamersradio)