Tips aman berwisata ke pantai

Musim liburan seperti saat ini memang menjadi saat yang di tunggu untuk bisa berwisata bersama keluarga ataupun teman-teman terdekat. Salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi adalah pantai. Gemuruh ombak dan pemandangan yang indah menjadi pilihan banyak orang untuk berlibur.

(hawaii-photos)
(hawaii-photos)

Akan tetapi, ada pula bahaya yang mengintai para wisatawan apabila tidak berhati-hati dan waspada. Tidak sedikit korban hilang yang terseret ombak. Berikut adalah sedikit tips agar aman berwisata ke pantai dari SoloRaya.Com :


1. Datanglah pada saat musim dan cuaca sedang bagus.
Musim dan cuaca sangat mempengaruhi besarnya arus dan ombak. Penting bagi pengunjung untuk mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk berwisata ke pantai.

2. Selalu memperhatikan papan pengumuman di sekitar pantai.
Karena terlalu bersemangat saat liburan di pantai, para wisatawan sering tidak memperhatikan papan pengumuman yang berisi informasi penting bagi pengunjung. Jangan terburu-buru bermain air di pantai, carilah informasi terlebih dahulu.

3. Dengarkan instruksi dari SAR atau penjaga pantai.
Setiap pantai pasti memiliki tim SAR atau penjaga pantai yang selalu siaga. Apabila terjadi perubahan cuaca yang cepat, biasanya tim SAR atau penjaga pantai memberi himbauan dari pengeras suara agar pengunjung segera menjauhi pantai. Sebaiknya dengarkan dan turuti instruksi dari tim SAR atau penjaga pantai. Kejadian wisatawan yang hilang terseret ombak biasanya terjadi karena tidak mematuhi himbauan dari tim SAR dan tetap nekat berenang di pantai.

4. Cukup bermain air di pinggir pantai, jangan terlalu ke tengah.
Untuk tetap menjaga keselamatan saat di pantai sebaiknya wisatawan tidak menuju ke tengah. Arus bawah laut tidak dapat di prediksi, sehingga cukup beresiko apabila bermain air terlalu ke tengah.

5. Selalu awasi orang-orang di sekitar
Jangan ragu untuk mengingatkan pengunjung lain yang berada di sekitar kita. Jaga dan awasi saudara atau teman yang sedang bermain air. Karena terlalu asik bermain wisata2an sering lengah dan kurang waspada.