Masja Baron, Brongkos dan Lodehnya istimewa

Bingung mau makan siang di mana? Kalau sedang berkunjung ke Kota Solo mampir ke Warung Masja di Jalan Dr Radjiman 354 Baron, Solo. Warung ini menyediakan beragam masakan jawa yang rasanya aduhai. karena menyediakan menu masakan jawa, warung ini disebut dengan warung Masja.

Deretan makanan di Masja Baron
Deretan makanan di Masja Baron
Warung Masja Baron
Warung Masja Baron

Warungnya sendiri hampir-hampir tak terlihat dari jalan raya karena tertutup deretan mobil dan motor. Meski hanya warung kecil dan tampak sederhana, tapi jangan ragukan kualitas hidangan yang tersaji di warung ini. Bagi penggemar masakan Jawa, warung ini layaknya surga. Hampir semua masakan khas Jawa ada di sini, mulai dari garangasem, bothok, bobor, asem-asem, brongkos dan lodeh.

Namun menu sayur Lodeh dan Brongkos yang paling banyak diburu pecinta kuliner yang makan di tempat ini.  Brongkos adalah semacam rawon yang terkenal di Jawa Timur, sama-sama menggunakan kluwak sebagai salah satu bumbunya, sehingga menghasilkan kuah berwarna kehitaman dengan rasa yang khas. Kalau kuah rawon tak bersantan, maka kuah brongkos menggunakan santan sehingga terasa lebih gurih. Jika rawon ditaburi taoge, brongkos hanya menggunakan potongan daging sapi. Brongkos Solo agak berbeda dengan brongkos Yogya yang menggunakan kacang tolo dan tahu. Menurut salah satu kokinya, salah satu kelebihan brongkos di warung ini adalah daging yang digunakan hanya daging sapi murni, tida dicampur dengan gajih (lemak) atau kikil.

Deretan makanan di Masja Baron
Deretan makanan di Masja Baron
Menu di Masja Baron
Menu di Masja Baron

Menu favorit berikutnya adalah lodeh. Di sini tersedia berbagai jenis lodeh sesuai kegemaran pelanggan. Ada lodeh keluwih, terong atau rebung bambu. Menurut para pelanggan, lodeh keluwih Warung Masja ini adalah yang terenak di seantero Solo. Sama dengan brongkos, lodeh adalah sayur berkuah santan yang gurih. Teman paling cocok menikmati nasi lodeh adalah tempe bacem goreng, yaitu tempe yang setelah dimasak bacem dengan air kelapa kemudian digoreng. Pelengkapnya sambal terasi yang dicampur beberapa tetes minyak jelantah dan rempeyek udang yang renyah.

Hanya dengan membayar sekita Rp15.000 per porsi lengkap dengan rempeyek udang dan segelas es jeruk, Anda sudah bisa menikmati keistimewaan nasi brongkos yang sudah melegenda itu.

Penyanyi cokekan di warung Masja
Penyanyi cokekan di warung Masja
Warung Masja baron
Warung Masja baron
Warung Masja Baron
Warung Masja Baron

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *