Menjadi sukses di dunia kerja tidaklah berguna jika Anda gagal di rumah

Mungkin anda juga seperti jutaan orang di dunia saat ini yang membutuhkan hidup yang lebih baik, tetapi semua itu menjadi lepas kendali dan menjadi sebuah obsesi. Anda mendambakan untuk mendapatkan lebih banyak kesenangan, lebih banyak petualangan, kepuasan yang lebih, dan lebih banyak kebahagiaan. Hal ini sangatlah jelas, jika anda mengarahkan hidup anda dengan gaya hidup yang tidak sehat untuk meraih lebih banyak dan lebih banyak uang, anda tetaplah miskin tidak peduli seberapa banyak harta yang anda peroleh.
success man

Alam semesta menantang anda untuk menjawab empat pertanyaan berikut: (1) Apa baiknya karir dengan gaji tinggi jika itu semua membuat anda terus-menerus stres dan sengsara?, (2) Apa gunanya memiliki rumah yang lebih besar daripada rata-rata rumah orang lain jika satu-satunya waktu yang anda habiskan di dalamnya adalah ketika anda tidur di dalamnya? (3) Apa gunanya memiliki banyak harta yang menarik jika anda tidak pernah memiliki waktu luang untuk menikmatinya? (4) Di atas itu semua, apa bagusnya memiliki sebuah keluarga jika anda jarang melihat anggota keluarga anda?

Satu hal yang pasti: menjadi sukses di tempat kerja tidaklah relevan jika anda gagal di rumah. Tentu, kesuksesan itu relatif. Tapi itu mencakup semua aspek dalam kehidupan: aktivitas kerja, keluarga, teman, bersantai bersama keluarga, menikmati karya seni, mental, fisik, dan spiritual serta kesehatan. Tidak mengherankan, para peneliti telah menemukan bahwa individu yang mencari waktu untuk melakukan hal-hal yang mereka nikmati jauh lebih bahagia dan hidup lebih lama dibandingkan dengan orang yang hanya berputar pada pekerjaan mereka dan rutinitas yang sama dengan mengorbankan kehidupan pribadi.

Anda tidaklah akan makmur sampai anda cukup tidur, makan dengan baik, olahraga teratur, dan menghabiskan waktu yang cukup dengan teman dan keluarga anda. Sangatlah mungkin menjadi  amat sukses di tempat kerja tetapi kehilangan kehidupan pribadi sepenuhnya. Anda tidak harus mengorbankan kebahagiaan ini, kesenangan, dan kepuasan untuk beberapa ekstra rupiah, terutama jika anda akan menghabiskan uang dengan sembrono untuk beberapa gadget yang tidak akan meningkatkan kehidupan anda secara signifikan. Kehidupan sehari-hari akan memiliki sedikit artinya jika alasan utama anda untuk berangkat bekerja adalah untuk membayar kepemilikan barang-barang  yang anda bahkan tidak memiliki waktu untuk menggunakannya.

Orang yang terkaya di dunia adalah orang-orang yang merasa dalam kesenangan disaat mencari nafkah dan pada saat yang sama memiliki keseimbangan antara  kerja, kehidupan, dan kesehatan. Individu dengan keseimbangan yang sangat baik antara kerja dan kehidupannya, sejatinya telah menetapkan prioritas yang benar. Anda sendiri yang dapat memutuskan apakah prioritas dan kehidupan anda sudah benar. Anda harus benar-benar jelas mengenai  jenis dan kualitas hidup yang anda inginkan. Sejauh mana anda menempatkan waktu dan usaha dalam hal-hal yang benar-benar anda pedulikan akan menentukan tingkat kepuasan dan kebahagiaan anda.

Sementara itu membuat perubahan yang mengubah kehidupan untuk menciptakan gaya hidup yang seimbang tidaklah mudah, namun jutaan orang telah menunjukkan bahwa hal ini sangatlah mungkin. Mereka mampu menempatkan tindakan emosional mereka secara selaras dan mencapai apa yang sebagian besar belum dicapai oleh orang lain. Hal ini tidaklah mengherankan bahwa orang-orang ini hidup lebih bahagia dan hidup lebih lengkap dengan menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga, terhubung dengan alam dan masyarakat, dan menikmati banyak hal sederhana yang menyenangkan.

Sangat mudah untuk percaya bahwa sebuah sistem membuat anda bekerja selama berjam-jam dan sangat keras. Haruslah jelas bahwa sebuah sistem tidak menghambakan seseorang, namun orang tersebut yang melakukannya pada diri mereka sendiri. Apabila anda tidak menerima hal ini, anda telah telah melepaskan daya kreatif anda untuk kepuasan yang sesat dari penghambaan sebuah sistem. Penyangkalan akan mencegah anda dari menciptakan sebuah perubahan yang dapat membuat perbedaan yang nyata dalam kehidupan Anda.

Anda harus mengetahui saat kapan harus bekerja dengan tekun. Bahkan yang terpenting ialah, anda harus mengetahui saat ketika anda seharusnya tidak bekerja, tetapi untuk bersantai dan bermain sebagai gantinya. Hal ini tidak hanya akan menguntungkan keluarga anda dan bermanfaat besar bagi anda, tetapi juga akan mencengangkan sebagian besar teman dan kolega anda. Intinya ialah luangkan waktu sebisa mungkin untuk orang-orang yang anda cintai di sekitar anda walaupun anda berkutat dengan pencarian nafkah yang terasa berat. Sayangi diri anda dengan meluangkan waktu untuk hal-hal yang anda senangi.

“Oh bukankah ku pernah melihat bintang,
Senyum menghiasi sang malam,
Yang berkilau bagai permata,
Menghibur yg lelah jiwanya,
Bukankah hidup ada perhentian,
Tak harus kencang terus berlari,
Kuhela kan nafas panjang,
Tuk siap berlari kembali”

(Musik Oleh Padi)

2 Comments

Comments are closed.